Jumat, 19 April 2024

Unjuk Produk Indhan Nasional, Prabowo Berikan Senapan Serbu Buatan PT Pindad untuk Menhan Qatar

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto memberikan cendera mata berupa senapan serbu SS2-V5 AI kepada Wakil Perdana Menteri yang sekaligus Menteri Negara Urusan Pertahanan Qatar Dr. Khalid bin Muhammad Al-Attiyah usai keduanya menggelar pertemuan bilateral di Kantor Kemhan, Jakarta, Minggu (4/6).

Prabowo mengungkapkan, senapan serbu tersebut merupakan buatan industri pertahanan (Indhan) nasional, PT Pindad. “Ini buatan Pindad,” ujarnya.

Baca Juga: 36 Negara Hadiri MNEK 2023 di Makassar

Usai menerima cendera mata, Khalid tampak mengamati sejenak senapan serbu tersebut dan kemudian menyalami Prabowo sebagai ucapan terima kasih.

Melansir laman PT Pindad dijelaskan, SS2-V5 A1 merupakan produk pengembangan senjata serbu SS2 V4 Kaliber 5,56 x 45 mm NATO yang dirancang untuk pertempuran modern maupun pertempuran jarak dekat. Senapan serbu ini juga diklaim dapat mempermudah mobilisasi prajurit dalam berbagai operasi, terutama medan tempur dalam kota lantaran bobotnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan varian SS2-V4.

Jenis senapan serbu yang sama juga dipesan oleh Kemhan RI untuk digunakan dalam pelatihan Komponen Cadangan (Komcad). Dikutip dari Kompas, PT Pindad telah merampungkan pembuatan 25.000 pucuk senjata jenis SS-2V5 A1 untuk Kemhan RI.

Baca Juga: MNEK 2023: 15 Kapal Perang Asing Sandar di Makassar

Momen pemberian cendera mata berupa produk industri pertahanan nasional seperti ini bukanlah yang pertama. Pada Februari 2022 lalu, Prabowo juga diketahui memberikan cendera mata berupa pistol jenis G2 Elite buatan PT Pindad kepada Menteri Angkatan Bersenjata Prancis periode 2017-2022, Florence Parly.

Penggunaan produk industri pertahanan nasional sebagai cendera mata sekaligus menjadi simbol atas upaya Indonesia untuk terus melakukan modernisasi alutsistanya. Tidak hanya itu, hal ini sekaligus menjadi wujud nyata atas komitmen Prabowo untuk memperkuat industri pertahanan nasional dan memperkenalkan produk indhan kepada dunia internasional. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER