Selasa, 21 Mei 2024

Latopslagab 2024 Akan Digelar 22-26 Mei di Laut Jawa dan Bali

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komando Armada (Koarmada) I dan II akan menggelar latihan operasi laut gabungan (Latopslagab) 2024 yang dijadwalkan pada 22-26 Mei mendatang.

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, Sabtu (20/4), latihan tersebut akan dipimpin oleh Pangkoarmada RI Laksamana Madya Denih Hendrata. Latopslagab 2024 nantinya diselenggarakan di wilayah kerja Koarmada II, yaitu laut Jawa dan Bali.

Adapun latihan operasi laut gabungan bertujuan menguji dan meningkatkan kemampuan tempur unsur-unsur KRI pemukul dan pengawaknya dalam pelaksanaan operasi laut gabungan.

Baca Juga: Satgas Yonif 125/SMB Bangun Rumah Layak Huni untuk Papua

Selain itu, latihan tersebut juga untuk mensinergikan kemampuan kapal pemukul dengan unsur terkait sebagai unsur utama dalam rangka memperoleh keunggulan di laut.

“Pastikan kesiapan seluruh alutsista yang akan dilibatkan sehingga nantinya latihan dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana,” ujar Denih dalam paparan kesiapan unsur Latopslagab 2024 di Surabaya, Jumat (19/4).

Sebelumnya, Pangkoarmada I Laksamana Muda Yoos Suryono memeriksa sistem persenjataan dan mesin kapal pada KRI Halasan-630 yang saat ini tengah menjalani pemantapan teknis di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (18/4).

Baca Juga: Satgas PBB TNI Distribusikan Bantuan Kemanusiaan di Sudan Selatan

Yoos meninjau kesiapan untuk penembakan peluru kendali anti-kapal, yaitu rudal Exocet MM40 Block 3. Ia juga memastikan kondisi Misfire pada mesin silinder kapal untuk tenaga pendorong kapal, gladi demo Pusat Informasi Tempur (PIT), classical drill latihan Peran Penanggulangan Kebakaran (PEK).

“Untuk kegiatan latopslagab nanti akan disiapkan KRI Halasan dari Satuan Kapal Cepat Koarmada I yang sekarang lagi di Surabaya untuk pemantapan kondisi teknis,” ungkap Yoos. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER