Jumat, 19 April 2024

Cerita Prabowo Soal Kepemimpinan Mayjen TNI Mung Parahadimulyo

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Mantan Danjen Kopassus yang sekarang menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto punya kesan tersendiri soal kepemimpinan Mayor Jenderal TNI (Purn) Mung Parahadimulyo.

Dalam bukunya berjudul Kepemimpinan Militer, Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto ia mengisahkan Pak Mung yang saat itu menjabat sebagai Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat atau RPKAD (saat ini Kopassus) pada tahun 1960-1980 begitu terkenal di kalangan Angkatan Darat karena selalu memberikan teladan, memimpin dengan keteladanan, memimpin dengan contoh.

Baca Juga: Prajurit Kostrad Tangkap Satu Anggota KKB, Diduga Terlibat 4 Aksi Teror

“Beliau selalu harus memulai lebih dahulu pada setiap pelatihan. Apakah itu panjat tebing, turun tebing, terjun, lempar pisau, menembak atau lari,” kata Prabowo.

Selain itu, lanjut Prabowo Pak Mung juga dikenal sebagai perwira yang spartan, tangguh dan kuat fisiknya.

“Kalau berlari beliau selalu membawa senjata, membuka baju seperti anak buahnya,” tutur Prabowo.

Berikutnya, Pang Mung juga memiliki jiwa kepemimpinan yang sederhana. Bahkan yang buat Prabowo terkesan adalah larangan Pak Mung kepada istri dan anaknya untuk tidak menggunakan kendaraan dinas, padahal Pak Mung tidak mempunyai kendaraan lain.

Baca Juga:  Peringatan HUT ke-77, Menhan Prabowo Tegaskan Tekad untuk Membangun TNI AU yang Kuat

“Sehingga anaknya harus jalan kaki ke sekolah, sementara istrinya naik becak kalau hendak belanja,” kenang Prabowo.

Dari apa yang dilihat ini lanjut Prabowo, ia pun banyak melakukan hal yang sama seperti Pak Mung.

“Dari Pak Mung, saya belajar banyak tentang pentingnya seorang Panglima harus lebih maju dibandingkan anak buahnya, harus lebih ahli dibandingkan anak buahnya,” kata Prabowo. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER