Minggu, 14 April 2024

“Caraka”, Sarana Komunikasi Darurat Prajurit Marinir

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Batalyon Komunikasi dan Elektronika (Yonkomlek) 1 Marinir melaksanakan problem “Caraka” di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (9/6).

Dikutip dari keterangan Dispen Kormar, materi yang termasuk dalam latihan satuan dasar 2023 itu disimulasikan prajurit menghadapi tantangan serta dituntut mampu menyampaikan berita rahasia sampai ke satuan atas.

Baca Juga: MNEK 2023: Manuver Sea Phase 25 Kapal Perang di Perairan Makassar

Dikarenakan pesawat radio sudah disadap oleh lawan dan berita yang akan disampaikan bukan berbentuk tulisan, melainkan secara langsung yang mengharuskan prajurit mengingat berita tersebut dengan benar.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian berita yang disampaikan oleh pelatih, dilanjutkan setiap regu melaksanakan pencarian titik koodinat menggunakan peta dan kompas.

Titik koordinat tersebut adalah posisi satuan atas yang akan menerima berita yang bakal dikirimkan.

Baca Juga: Temui Stakeholders Sulses, Bakamla Zona Tengah Bahas Pembangunan Kantor SPD

Sementara itu, Danyon Komlek 1 Marinir Letkol (Mar) Imron Kurniawan, menyampaikan kepada prajuritnya, problem kirim berita melalui “Caraka” ini sangat berguna bagi setiap prajurit.

“Agar berita yang akan disampaikan bisa tersampaikan secara rahasia tanpa diketahui oleh lawan,” ujarnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER