Kamis, 22 Februari 2024

Bertemu di Romania, NATO Sepakat Tingkatkan Bantuan Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Negara anggota NATO sepakat untuk meningkatkan bantuan pada Ukraina. Mereka akan mengirim paket bantuan baru berupa persenjataan militer dan perlengkapan tentara untuk menghadapi musim dingin.

Para perwakilan negara anggota NATO bertemu di Ibu Kota Bucharest, Romania pada 29-30 November 2022. Pertemuan ini fokus membahas kesepakatan dalam meningkatkan bantuan militer seperti sistem pertahanan udara dan amunisi. Selain itu, NATO juga akan mengirim bantuan berupa bahan bakar, pasokan medis dan perlengkapan musim dingin untuk tentara Ukraina.

“Kami tidak akan pernah mengakui aneksasi ilegal Rusia yang secara terang-terangan melanggar Piagam PBB. Kami melanjutkan dan meningkatkan dukungan praktis ke Ukraina yang terus mempertahankan kedaulatan, integritas teritorial serta nilai-nilai bersama dalam melawan agresi Rusia. Kami akan mempertahankan dukungan selama yang diperlukan,” ujar NATO dilansir Nato.int.

NATO atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara merupakan aliansi militer yang terdiri dari 30 negara. Sementara Ukraina, negara pecahan Uni Soviet, telah lama menyatakan keinginannya sebagai anggota NATO dan Uni Eropa, yang sangat ditentang oleh Rusia. Dalam pidato yang disampaikan saat pertemuan, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyatakan bahwa meskipun Ukraina bukan anggota NATO, mereka tetap erat mendukung Ukraina melawan invasi Rusia.

Baca: G7 Kerja Sama Selidiki Kejahatan Perang di Ukraina

“Kami mengakui dan menghormati aspirasi Ukraina untuk menjadi anggota. Namun, fokus kami sekarang adalah memberikan dukungan segera karena Ukraina mempertahankan diri dari agresi Rusia,” ujar Stoltenberg. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER