Senin, 4 Maret 2024

Kembangkan Tanaman Sorgum, TNI AU dan Kementan Tanda Tangani MoU Ketahanan Pangan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dan menjalankan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal ketahanan pangan nasional menuju kedaulatan pangan.

Komitmen tersebut direalisasikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara TNI AU dengan Kementerian Pertanian (Kementan) oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, di Lanud Sutan Sahrir, Padang, Selasa (29/11).

Dalam MoU tersebut terdapat kesepakatan untuk mengembangkan tanaman Sorgum sebagai komoditi bahan pangan yang akan dikembangkan oleh kedua belah pihak.

TNI AU dan Kementan Tanda Tangani MoU Ketahanan Pangan
(Dok. Dispenau)

Mengutip keterangan Dispenau, TNI AU telah menyiapkan lahan kurang produktif Lanud Sutan Syahrir seluas 12 Hektar untuk mendukung program ketahanan pangan dengan mengembangkan tanaman Sorgum.

Penanaman Sorgum di Lanud Sutan Syahrir disebut Fadjar sebagai pilot project. Selanjutnya akan ada Lanud-Lanud lain yang juga disiapkan lahannya untuk mendukung program ini.

Baca: KSAU Ingatkan Fungsi Pengawasan dan Pemeriksaan Untuk Wujudkan TNI AU yang Profesional

“Program ini diharapkan dapat membantu ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan prajurit dan keluarganya. Jika tanaman Sorgum sukses, kita juga bisa mencoba tanaman Porang,” ungkap KSAU.

Pada kesempatan yang sama, Fadjar berharap adanya bantuan dan pendampingan dari Kementan agar program ini dapat berlanjut hingga panen dan produksi. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER