Jumat, 14 Juni 2024

Bantuan ke Gaza Mulai Masuk Dari Perbatasan Mesir

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pos perbatasan Rafah yang memisahkan Mesir dan Gaza mulai dibuka untuk mengalirkan bantuan kemanusiaan bagi sekitar 2,4 juta warga sipil yang terjebak di wilayah konflik.

Dilansir dari Al Jazeera, Minggu (22/10), jalur Rafah dibuka sejak Sabtu pagi waktu setempat tetapi hanya mengizinkan 20 truk untuk masuk dan menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Gaza. Sementara, lebih dari 200 truk yang membawa sekitar 3.000 ton bantuan telah menunggu di dekat pos perbatasan selama berhari-hari.

Baca Juga: AS Sebut Cina Miliki Lebih dari 500 Hulu Ledak Nuklir

“Konvoi bantuan bantuan yang masuk hari ini mencakup 20 truk yang membawa obat-obatan, perbekalan medis, dan persediaan makanan (kaleng) dalam jumlah terbatas,” kata Hamas.

Martin Griffiths selaku koordinator bantuan darurat PBB, menyambut baik pengiriman bantuan tersebut. Menurutnya, perlu proses negosiasi yang intens dengan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa bantuan ke Gaza dapat melintas dengan cepat dan aman.

“Saya yakin bahwa pengiriman ini akan menjadi awal dari upaya berkelanjutan untuk menyediakan pasokan penting termasuk makanan, air, obat-obatan dan bahan bakar kepada masyarakat Gaza, dengan cara yang aman, dapat diandalkan, tanpa syarat dan tanpa hambatan,” kata Griffiths.

Baca Juga: Cina Sangkal Laporan AS Soal Jumlah Hulu Ledak Nuklir

Rafah merupakan satu-satunya akses ke Gaza yang tidak dikendalikan oleh Israel. Namun, akses itu awalnya ditutup karena berbahaya untuk dilewati di tengah serangan udara tiada henti antara Israel dan Hamas.

Semenjak memuncaknya konflik Hamas dan Israel pada 7 Oktober lalu, akses perbatasan ke Gaza telah diblokade total. Hal itu menyebabkan jutaan warga di Gaza kekurangan air dan makanan. Pihak rumah sakit pun mengaku kehabisan pasokan medis dan bahan bakar untuk generator darurat di tengah pemadaman listrik di seluruh wilayah. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER