Sabtu, 15 Juni 2024

14 Prajurit TNI AD Dipecat Gara-gara Mangkir dari Tugas

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima Kodam I/BB Mayjen Achmad Daniel Chardin memimpin upacara pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) kepada 14 orang prajurit TNI AD karena desersi atau mangkir dari tugas. Upacara sendiri digelar di Markas Kodam I Bukit Barisan, Senin, (19/6).

“Hari ini kita sekaligus melakukan acara pemecatan. Kebetulan sudah ada prajurit kita yang berkekuatan hukum tetap dipecat dari dinas angkatan darat,” kata Daniel.

“Untuk total prajurit yang PTDH ada 14 orang. Selama ini mereka menganggap tidak hadir tanpa izin atau desersi itu pelanggaran biasa. Padahal itu adalah pidana militer. Itu yang hendak saya tegaskan,” tambahnya.

Baca Juga: KRI SIM-367 bersama Kapal Perusak Rusia Admiral Panteleyev Bermanuver di Laut Jawa

Daniel mengatakan, selama menjadi Pangdam I/BB, baru kali ini membuat upacara untuk anggota TNI yang terkena PTDH. Ia menyebutkan bahwa bukan hanya punishment yang hendak dilakukan kepada yang bersangkutan.

“Tetapi, ini adalah memberikan detterent effect (efek getar). Tujuan utamanya itu, kepada prajurit yang lain. Dan ini akan disebar nanti ke semua satuan,” ujarnya.

Sehingga, lanjut Daniel, semua satuan dapat melihat betapa terhinanya seorang prajurit yang melakukan pelanggaran dan harus dipecat. Seperti tadi, kata Daniel, pakaian dinasnya dilucuti.

Baca Juga: Komandan Batalyon 11 RAMD Tentara Diraja Malaysia Sambangi Brajamusti

“Sebenarnya kalau saya kejam tadi, pakaian celananya itu masih pakaian dinas, sepatunya juga (dilucuti). Kalau dulu, bapak saya bercerita, bahkan kalau perwira, itu pedangnya dipatahkan di depan prajurit,” ungkapnya.

Daniel menjelaskan kepada anggota TNI yang berprestasi besok akan diberikan reward atau penghargaan. Demikian, menurutnya antara penghargaan dan punishment harus berimbang.

“Kepada yang berprestasi kita hargai, sedangkan kepada yang melanggar aturan kita hukum. Kalau tidak sampai dipecat, kita selalu bina kembali, kemudian bagaimana dia menutup kesalahannya, ya dengan berprestasi,” tutupnya. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER