Wakasal dan Ketua DPR Tabur Bunga di atas KRI Semarang-594

261
Wakasal dan Ketua DPR Tabur Bunga di atas KRI Semarang-594
Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. melakukan prosesi tabur bunga di atas KRI Semarang dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2020 (Foto IDM/Rayi Gigih)

Jakarta, IDM – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November 2020, KRI Semarang-594 menggelar upacara tabur bunga tingkat nasional. Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., mewakili KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mendampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Puan Maharani yang bertindak selaku Inspektur Upacara melakukan upacara tabur bunga di atas KRI Semarang-594 di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) II Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selasa (10/11).

Peringatan Hari Pahlawan 2020 yang mengangkat tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” ini diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan bersamaan dengan bunyi gauk KRI Semarang selama satu menit, dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa Pahlawan dan diakhiri dengan tabur bunga.

Wakasal dan Ketua DPR Tabur Bunga di atas KRI Semarang-594
Penghormatan kepada arwah para pahlawan yang dibarengi dengan bunyi gauk KRI Semarang (Foto IDM/Rayi Gigih)

Staf Ahli Menteri Bidang Aksesibilitas Sosial Kemensos RI Sonny W. Manalu mewakili Mensos RI Juliari P. Batubara dihadapan awak media menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan yang telah menjadi tradisi setiap tahunnya, disamping pelaksanaan upacara di darat, juga dilaksanakan di laut, karena ribuan pejuang kita, juga bertempur dan meninggal di laut, bahkan tidak diketahui dimana jenazahnya. Oleh karena itu menjadi kebijakan pemerintah, tiap tahun dilaksanakan tabur bunga di laut, sebagai bentuk penghormatan pemerintah terhadap jasa-jasa pahlawan yang gugur mempertahankan keutuhan NKRI.

Menurut Staf Ahli Menteri Bidang Aksesibilitas Sosial Kemensos ini bahwa pelaksanaan upacara tabur bunga ditengah pandemi Covid-19, TNI AL sebagai penyelenggara kegiatan telah melakukan protokol kesehatan dengan baik. Sebelum kegiatan acara dilaksanakan rapid test oleh tim kesehatan kepada seluruh undangan sebelum memasuki KRI Semarang-594.

Wakasal dan Ketua DPR Tabur Bunga di atas KRI Semarang-594
Ketua DPR RI Puan Maharani saat memimpin prosesi upacara tabur bunga di atas KRI Semarang-594 (Foto IDM/Rayi Gigih)

Sementara menurut Puan Maharani Puan yang mengenakan kebaya berwarna hitam dan coklat itu menyampaikan, usai masa perjuangan kemerdekaan, sosok -sosok pahlawan juga terus muncul dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Menurut Puan, para pembawa perubahan yang memberikan kontribusi positif dalam berbagai sektor kehidupan itu layak diberi gelar pahlawan.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dan berkontribusi bagi kemajuan Tanah Air. Semangat juang para pahlawan mesti menjadi inspirasi bagi seluruh anak bangsa untuk terus mengupayakan kemajuan bangsa,” kata Puan, seusai memimpin upacara tersebut.

Wakasal dan Ketua DPR Tabur Bunga di atas KRI Semarang-594
Foto bersama (dari kiri ke kanan) Pangkoarmada I Laksamada Muda TNI Abdul Rasyid K,S.E.,M.M., Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsudin, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Wakil Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. (Foto IDM/Rayi Gigih)

Peringatan Hari Pahlawan di kapal perang tahun 2020 ini turut dihadiri Pangkoamada I, Pangkolinlamil, Kapushidrosal, Kadispenal, Kadisjarahal, Kadisbintalal dan Danlantamal III Jakarta. Sementara dari personel elemen pemerintah lainnya diantaranya, Kepala Badiklit Pensos Prof. Syahabbudin, Staf Ahli Menteri Bidang Dinamika Sosial Kemensos RI Adhy Karyono, pejabat TNI-Polri dan peserta upacara dari TNI-Polri, serta undangan lainnya. (rgp/wan)