Minggu, 26 Mei 2024

TNI Kerahkan 18.000 Personel Amankan Arus Mudik Lebaran 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan menerjunkan 18.000 personel TNI untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2023. Prajurit dari semua matra, kata Yudo, bakal dikerahkan untuk membantu Polri memantau pergerakan momen tahunan tersebut.

“Di seluruh nanti Kodam maupun jajaran TNI AD, AL, dan AU kurang lebih 18.000 prajurit akan kita kerahkan nanti untuk membantu Polri dan Pemerintah Daerah dalam pengamanan ini,” kata Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (13/4).

Baca Juga: Masuk Markas KKB, Prajurit Kostrad Amankan Senjata dan Munisi

Selain belasan ribu personel, Yudo juga menyebut pihaknya telah menyiapkan sejumlah alutsista. Menurutnya, alutsista ini hanya akan digunakan bila dibutuhkan dan menjadi priotitas mengamankan situasi Lebaran 2023.

Kendati demikian, Yudo mengungkap Komando Lintas Laut Militer (kolinlamil) dipastikan bakal mengerahkan KRI untuk menambah armada mudik tahun ini.

“Kita sudah menyiapkan alutsista apabila diperlukan, tapi yang sudah sepakat kemarin Kolinlamil akan menggelar KRI dari Banjarmasin dari Jakarta-Semarang-Surabaya, Surabaya-Semarang-Jakarta,” ungkap Yudo.

Baca Juga: TNI AL Amankan Perairan Pascakecelakaan Laut di Banten

Yudo menyampaikan pihaknya juga telah meninjau penyebrangan di Pelabuhan Bakauheni. Ia juga menyebut akan mengerahkan prajurit di pelabuhan Lampung tersebut untuk membantu Polri dalam pengamanan mudik.

“Sampai sekarang kita tinjau penyeberangan Bakaheuni. Tentunya TNI akan mem-BKO kan prajurit untuk membantu Polri untuk pengamanan mudik lebaran ini,” kata Yudo. (un) 

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER