Jumat, 19 April 2024

Cina Peringatkan AS dan Filipina yang Gelar Latihan Bersama Dekat Wilayah Sengketa

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Cina memperingatkan Amerika Serikat (AS) dan Filipina yang menggelar latihan militer bersama di sekitar Kawasan Laut Cina Selatan. Disebutkan bahwa aliansi pertahanan kedua negara tersebut tidak boleh membahayakan keamanan territorial Cina yang akan memicu konflik di kawasan.

Dilansir dari AP, Kamis (13/4), Kedutaan Besar Cina di Manila mengatakan bahwa latihan militer yang digelar oleh AS dan Filipina sejak Selasa (11/4) itu tidak boleh menargetkan pihak ketiga mana pun. AS juga diperingatkan untuk ikut campur dalam sengketa teritorial di Laut Cina Selatan.

Baca Juga: TNI AL Amankan Perairan Pascakecelakaan Laut di Banten

“Tidak boleh menarget pihak ketiga mana pun dan harus kondusif bagi perdamaian dan stabilitas regional,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS dan Filipina telah membahas perluasan pangkalan militer tambahan yang akan digunakan oleh pasukan AS sebagai bagian dari perjanjian Enhanced Defense Cooperation Agreement (EDCA). Nantinya, terdapat sembilan pangkalan milliter yang akan direnovasi dengan dana bantuan AS senilai lebih dari US$ 100 juta.

Baca Juga: TNI Kerahkan 18.000 Personel Amankan Arus Mudik Lebaran 2023

“Kamp-kamp ini akan mendukung latihan gabungan dan interoperabilitas antar pasukan kami untuk memastikan bahwa kami lebih siap menghadapi krisis di masa depan,” ujar Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Lebih lanjut, Austin mengungkapkan rencana untuk mengirim peralatan militer yang dibutuhkan seperti radar, drone, pesawat angkut, hingga sistem pertahanan udara ke Filipina selama lima hingga sepuluh tahun kedepan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER