Jumat, 19 April 2024

TNI AU Bantah Isu Jatuhnya Pesawat Terbang : Itu Manuver Solo Spin Jupiter Aerobatic Team

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) buka suara perihal video viral yang beredar di media sosial Tik Tok pada Rabu (27/9) dengan judul ‘Detik-detik Pesawat Jatuh’.

Video yang terekam dan diunggah oleh akun @sedulurkicauchan itu menunjukkan seolah pesawat tengah terbang dalam keadaan yang tidak terkontrol dan akan segera jatuh.

Sontak, video tersebut ramai dan menjadi perbincangan warganet. Merespons hal itu, TNI AU membantah bahwa pesawat terbang yang terdapat dalam video itu adalah pesawat jatuh.

Baca Juga: Dankodikopsla Tutup Tiga Program Pendidikan TNI AL

Pesawat tersebut diketahui merupakan bagian dari tim aerobatik kebanggaan TNI AU, Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang tengah melaksanakan misi latihan manuver ‘Solo Spin’ jelang tampil di peringatan HUT ke-78 TNI.

Tangkapan layar
Tangkapan layar yang menunjukkan perbandingan Solo Spin JAT dengan video viral jatuhnya pesawat terbang. (Foto: Dok. Instagram @jupiteraerobaticteam)

“Terkait tayangan yang beredar di Medsos Tik Tok, itu merupakan manuver Solo Spin yang ditunjukkan oleh Mayor Pnb Ari “Monster” Widodo, member Jupiter 6, dalam misi latihan dan cek lokasi untuk kegiatan demo udara pesawat TNI AU dan TNI peringatan HUT ke-78 TNI pada 5 Oktober 2023 mendatang,” jelas TNI AU dikutip dari keterangan foto dalam instagram @militer.udara, Kamis (28/9).

Lebih lanjut TNI AU mengungkap laporan Pusat Komando dan Pengendalian TNI AU (Poskodalau) yang menyebut jika semua penerbangan pesawat TNI AU di hari Rabu (27/9) berjalan dengan aman, sampai penerbangan terakhir pada pukul 17.48 WIB.

Baca Juga: TNI AD Prioritaskan Rekrut Prajurit Orang Asli Papua

Lantas, apa itu manuver Solo Spin dari JAT?

Dikutip dari instagram resmi JAT, @jupiteraerobaticteam dijelaskan, Solo Spin merupakan salah satu manuver andalan The Jupiters, panggilan akrab bagi para penerbang JAT. “Manuver ini menunjukkan bagaimana penerbang The Jupiters melaksanakan manuver sampai batas kemampuan pesawat, sehingga pesawat kehilangan daya angkat dan menjadi tidak terkontrol,” jelas JAT.

“Pada fase ini, aerodinamika pesawat berada pada kondisi stall dan spin, namun tentunya dengan tingkat profesionalisme yang tinggi, penerbang The Jupiters mampu mengendalikan pesawat ini dengan aman dan terkendali,” pungkas JAT. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER