Selasa, 5 Maret 2024

TNI AL Punya 293 Kendaraan Dinas Baru Usai Pengadaan Terakhir 15 Tahun Lalu

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali menyerahkan 293 kendaraan dinas kepada satuan TNI AL. Pengadaan ini baru kembali dilakukan sejak 15 tahun lalu.

“Kurang lebih 15 tahun kita tidak laksanakan pengadaan kendaraan. Sementara daur hidup kendaraan ini lima tahun harus overhaul, makanya kita ganti dengan yang baru,” ujar Ali usai serah terima 293 kendaraan dinas baru di Mabesal, Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/10).

Ali merincikan, 293 kendaraan dinas tersebut terdiri dari 173 mobil yang meliputi 53 Strada, 118 Rush, dua Xpander, dan 20 Avanza jenis 1.500 cc. Kemudian, 77 sepeda motor dan 23 motor kawal yang diberikan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Baca Juga: Panglima TNI Ungkap Rencana Jika Jadi Pensiun: Saya Kembali Bertani

“Motor dari Kemhan, seperti motor trail itu kan lebih cocok untuk di lapangan. Jadi, diserahkan kepada Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) di beberapa Lantamal maupun Lanal,” jelasnya.

Kendaraan dinas mobil baru
Kendaraan dinas mobil baru untuk para komandan satuan TNI AL. (IDM/Faisal Ramadhan)

Selain itu, Ali mengungkapkan alasan pengadaan ratusan kendaraan dinas baru ini dalam rangka mendukung program pemerintah dalam memperbaiki emisi karbon.

“Karena mobil-mobil baru ini lebih ramah lingkungan dibandingkan mobil-mobil lama. Itu harapannya,” kata Ali.

Baca Juga: 85 Prajurit Satgas Yonmek XXIII-Q/UNIFIL Naik Pangkat di Lebanon

Nantinya, kendaraan dinas yang lama bakal diperbaiki untuk diserahkan ke jajaran prajurit di bawah komandan satuan. “Jadi, ini salah satu bentuk kesigapan untuk para komandan dalam mobilitas di lapangan, juga kesejahteraan bagi prajurit,” tuturnya.

293 kendaraan dinas tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Ali kepada para Komandan KRI, Batalyon Marinir, Skuadron Penerbangan, Babinpotmar serta Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal). (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER