Kamis, 30 Mei 2024

Tim Bais TNI Gagalkan Upaya 4 WNI Hendak Jadi TKI Ilegal di Malaysia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Tim Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI berhasil menggagalkan upaya penyelundupan empat calon pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal ke Malaysia, beberapa waktu lalu.

“Tim Bais TNI berhasil menggagalkan upaya penyelundupan empat orang calon pekerja migran Indonesia asal dari Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang masuk ke Malaysia melalui jalur tidak resmi,” demikian keterangan dari Puspen TNI, dikutip Senin (22/5).

Baca Juga: TNI AU dan RAAF Asah Kemampuan Patroli Maritim dalam Latma Albatross AUSINDO 2023

Sebelum mencapai Malaysia, para calon pekerja itu berupaya masuk melalui Kampung Jangkang Dusun Guna Banir, Desa Segumum, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Penindakan tersebut berhasil dilakukan di sebuah pencucian mobil di Jalan Lintas Melenggang Dusun Entungun, Desa Balai Karangan.

Penangkapan tersebut merupakan hasil pengembangan informasi dari warga setempat. Mereka mengendus indikasi kegiatan PMI masuk Malaysia melalui jalur tidak resmi.

“Berdasarkan hasil pengakuan dari calon PMI, mereka akan masuk ke Serian Sarawak, Malaysia bagian timur, tanpa dilengkapi dokumen resmi dan nantinya akan bekerja di peternakan ayam di Serian Sarawak, Malaysia,” jelas Puspen TNI.

Baca Juga: KSAD: Kekuatan TNI Angkatan Darat Belum Ideal Karena Masalah Anggaran

Para PMI bercerita keberangkatan mereka ke Malaysia bermula dari ajak teman sekampung yang lebih dulu merantau ke negeri jiran. Mereka harus mengeluarkan biata sebesar Rp6,7 juta untuk melancarkan perjalanannya.

Proses hukum selanjutnya akan dilalukan Tim Bais TNI usai berkoordinasi dengan Polres Entikong dan menyerahkan keempat calon pekerja ilegal beserta barang bukti berupa kendaraan travel dengan nomor polisi KB-1280-DC. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER