Senin, 27 Mei 2024

Skadron Udara 4 TNI AU Tambah Kekuatan Angkut dengan NC212i Produksi PTDI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kekuatan angkut Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang semakin kuat dengan kehadiran satu unit pesawat NC212i produksi anak bangsa, PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Pesawat ini merupakan pesawat keempat dari kontrak pengadaan sembilan unit yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI untuk end user TNI AU. Kesembilan unit pesawat tersebut dipesan dengan konfigurasi Troop Transport sebanyak empat unit, empat unit lainnya untuk konfigurasi Rain Making, sementara satu unit diproduksi dengan konfigurasi Navigation Training. Adapaun pesawat keempat dengan tail number AX-2130 ini diproduksi dengan konfigurasi Troop Transport.

Pengiriman pesawat dilakukan dengan ferrry flight, di mana Mayor Pnb Deharday Nugraha bertindak sebagai Pilot in Command Ferry, sementara Lettu Pnb Faizal Fibriyan adalah kopilot dalam penerbangan kali ini.

“PTDI berkomitmen dalam menjaga kesiapan (readiness) pesawat. Atas nama PTDI, saya ucapkan terima kasih kepada Kemhan dan TNI AU atas kepercayaan yang diberikan, semoga ferry flight ini dapat berjalan lancar dan selamat sampai tujuan, sehingga kemudian pesawat ini dapat berkontribusi maksimal dalam mendukung operasi TNI AU,” ungkap Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan dalam acara penyerahan pesawat NC212i di hanggar Delivery Center PTDI, Rabu (28/12).

Dikutip dari keterangan PTDI, pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot, yang dilengkapi dengan winglet, ramp door, dan memiliki kabin yang luas dibandingkan dengan pesawat di kelasnya.

Baca: Aksi Cepat Tanggap TNI AU Antisipasi Cuaca Ekstrem dengan Pesawat Cassa NC-212

Menjadi hal yang membanggakan, pasalnya PTDI merupakan satu-satunya industri produksi manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi NC212i. Dari total 604 unit populasi pesawat series ini di dunia, 120 unit merupakan produksi PTDI. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER