Minggu, 26 Mei 2024

Aksi Cepat Tanggap TNI AU Antisipasi Cuaca Ekstrem dengan Pesawat Cassa NC-212

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan dua pesawat jenis Cassa NC-212 seri 200 yang disiagakan di Lanud Halim Perdanakusuma untuk melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), Rabu (27/12), dalam rangka mengantisipasi cuaca ekstrem jelang akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023 di wilayah Ibu Kota Jakarta serta provinsi Jawa Barat.

Kedua pesawat Cassa tersebut masing-masing diawaki oleh Mayor Pnb Syamsu Alam dan Kapten Pnb Idhan Abidin yang merupakan personel Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Hingga hari Selasa (27/12), sebanyak tujuh sorties penerbangan telah dilakukan dengan total semaian garam mencapai 5.600 kg. Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 25 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023.

“Setiap pesawat mampu membawa 800 kilogram bahan semaian garam atau NaCl dalam sekali terbang, dengan teknik penyebaran yang dilakukan secara manual pada koordinat yang telah ditentukan,” demikian dikutip dari keterangan Dispenau.

Pelaksanaan TMC dilakukan di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER