Kamis, 30 Mei 2024

Semarak HUT ke-77, TNI AU Ajak Masyarakat Saksikan Langsung Manuver Pesawat di Lanud Halim Perdanakusuma

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengungkapkan, TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengundang masyarakat untuk menyaksikan secara langsung aksi demo udara dan demo darat upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU di Taxy Way Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada Minggu (9/4).

“Jadi mulai hari ini sudah diumumkan (jika) masyarakat di sekitar Jakarta, Jabodetabek bisa datang ke sini (Lanud Halim Perdanakusuma),” ungkap Indan kepada awak media usai gladi bersih upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU, Kamis (6/4).

TNI AU
Manuver udara pesawat tempur TNI AU saat gladi bersih upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU di Taxy Way Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. (IDM/Faisal Ramadhan)

Bagi masyarakat yang ingin merasakan kemeriahan perayaan hari jadi TNI AU ini, Indan menyebut jika pihaknya telah menyediakan fasilitas transportasi dari pintu masuk yang akan mengantarkan mereka sampai ke lokasi upacara. Acara ini pun gratis dan terbuka untuk umum.

Baca Juga: Skuadron 800 Wing Udara 1 Puspenerbal Laksanakan Intai Udara Maritim

“Kita ada (sejumlah) titik masuk. Ada yang dari Cawang, Pondok Gede, ada dari Kalimalang. Nanti disiapkan titik-titik parkir dan kita siapin shuttle bus. Jadi, ada angkutan kota TransHalim yang akan mentransfer masyarakat ke sini (Taxy Way Lanud Halim Perdanakusuma),” tambah Kadispenau.

Tidak ada syarat khusus, namun Indan berpesan agar masyarakat yang hadir berada dalam kondisi yang sehat lantaran cuaca di Lanud yang menurutnya cukup terik. “Yang penting sehat, fit karena (cuaca) lumayan panas,” jelasnya.

TNI AU
Manuver udara Jupiter Aerobatic Team saat gladi bersih upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU di Taxy Way Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. (IDM/Faisal Ramadhan)

Berdasarkan pantauan IDM saat pelaksanaan gladi bersih pada hari ini, demo darat peringatan HUT ke-77 TNI AU pada hari Minggu nanti akan diisi dengan penampilan memukau dari Taruna Akademi Angkatan Udara yang tergabung dalam Gita Dirgantara Drumband serta operasi pembebasan sandera yang dipertunjukkan oleh para prajurit Kopasgat andal dan terlatih.

Baca Juga: Melihat Persiapan Perayaan HUT TNI Angkatan Udara yang ke-77

Sementara itu, dalam demo udara, puluhan pesawat TNI AU dengan berbagai jenis mulai dari unsur tempur, transportasi/angkut, hingga helikopter siap untuk melakukan fly pass dan manuver udara.

Di antaranya, fly pass Giant Flag bendera Merah Putih dan bendera Swa Bhuwana Paksa TNI AU, dog fight tiga pesawat tempur TNI AU, serta atraksi menghias langit Jakarta yang disuguhkan oleh Jupiter Aerobatic Team dan Dynamic Pegasus. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER