Selasa, 21 Mei 2024

Persiapan Pesantren Kilat di Atas Kapal Perang TNI AL

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Mata Riska, siswa kelas 2 SMA, berbinar takjub saat berdiri di depan KRI Radjiman Widyodiningrat-992. Ia bersama dua orang sebayanya tak henti-hentinya selfie dengan latar belakang kapal bantu rumah sakit tersebut.

Jilbab dan seragam putih abu-abu yang dikenakannya berkibar-kibar terkena terpaan angin sore yang cukup kencang di dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Kamis (6/4). “Senang, dari kecil pingin naik kapal. Akhirnya kesampaian bakal berlayar ke Pulau Pramuka besok,” ungkapnya kepada Indonesia Defense Magazine.

PESANTREN KILAT
Upacara pelepasan pesantren kilat selama tiga hari menggunakan KRI Radjiman Widyodiningrat-992 berlayar menuju Kepulauan Seribu. (IDM/Septo Kun Wijaya)

Riska dan ratusan pelajar berusia 16-18 tahun bakal merasakan pengalaman menjalankan pesantren kilat Ramadhan yang diadakan TNI AL bekerja sama dengan Baznas RI di atas kapal perang berkecepatan 18,3 knot tersebut.

Baca Juga: Melihat Persiapan Perayaan HUT TNI Angkatan Udara yang ke-77

Ilham misalnya, siswa kelas 1 SMA ini mengaku kagum dengan besarnya KRI Radjiman Widyodiningrat-992. Baginya, pengalaman pesantren kilat di atas kapal peran ini adalah yang pertama dirasakan dan sungguh berbeda.

“Apalagi kita didampingi tentara-tentara TNI AL yang gagah. Mengalami langsung berdampingan dengan mereka,” kata dia. Sekitar 300 pelajar SMA dari wilayah Jakarta pada pesantren kilat Ramadhan 2023 akan berlayar menuju Kepulauan Seribu, Jakarta, mulai dari 7-9 April.

Laksamana TNI Muhammad Ali
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara pelepasan pesantren kilat di dermaga Kolinlamil. (IDM/Septo Kun Wijaya)

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, menjelaskan selama tiga hari para peserta pesantren kilat akan melaksanakan kegiatan keagamaan. “Seperti salat berjamaah, tarawih, mengkaji ilmu agama serta mendapatkan pembekalan yang inspiratif dari para narasumber,” jelas Ali.

Baca Juga: Semarak HUT ke-77, TNI AU Ajak Masyarakat Saksikan Langsung Manuver Pesawat di Lanud Halim Perdanakusuma

Selain itu, lanjut Ali, para peserta pesantren kilat Ramadhan 2023 juga akan diperkenalkan dengan kehidupan dan tradisi kapal perang, termasuk dalam hal buka puasa dan sahur di KRI Radjiman Widyodiningrat-992.

Di kesempatan yang sama, Ketua Baznas RI Noor Achmad mengaku bangga dan terharu dengan kerja sama ekspedisi Ramadhan penuh inspirasi ini. Pasalnya, pascabeberapa bulan kapal tersebut diresmikan, pelayaran resmi pertama dilakukan untuk kegiatan keagamaan para santri.

“Oleh karena itu, mudah-mudahan ini mendapatkan keberkahan di bulan Ramadhan,” ucapnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER