Senin, 27 Mei 2024

Satuan Radar, “Mata” TNI AU yang Tetap Siaga di Libur Idulfitri 1444 H

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satuan Radar (Satrad) menjadi salah satu jajaran di tubuh TNI Angkatan Udara (TNI AU) yang tetap siaga di masa libur Idulfitri 1444 H.

“Tugas tersebut tetap menjadi tanggung jawab prajurit TNI AU yang berdinas di Satrad mulai dari Sabang sampai Merauke walaupun saat masa libur perayaan Idulfitri 1444 H/2023 M,” demikian dikutip dari keterangan TNI AU dalam Instagram @militer.udara, Senin (24/4).

Baca Juga: Evakuasi WNI dari Sudan, TNI AU Kerahkan Boeing-737 dan Prajurit Kopasgat

Satrad sebagai “mata” dalam sistem pertahanan udara nasional memiliki tugas pokok untuk mendeteksi, memantau, mengamati dan menjaga keamanan wilayah udara Indonesia, baik dari wahana udara yang berawak maupun yang tidak berawak.

radar
Personel Satrad TNI AU yang bertugas mengoperasikan radar saat libur Idulfitri 1444 H. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

“Hal tersebut dilakukan untuk memberi rasa aman bagi bangsa dan negara dari gangguan dan ancaman wilayah udara nasional,” tambah TNI AU.

Pada kesempatan yang sama, pasukan pengamanan Satrad juga melaksanakan tugasnya dengan melakukan patroli rutin meskipun tengah berada dalam kondisi libur Idulfitri 1444 H.

Baca Juga: Panglima TNI Berangkatkan 39 Prajurit Bantu Evakuasi WNI di Sudan

“Idulfitri tidak membuat lengah para prajurit Kopasgat, di mana mereka meningkatkan patroli di seputaran radar,” jelas TNI AU.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menjaga dan meningkatkan keamanan tadar mengingat alutsista ini merupakan salah satu objek yang sangat vital bagi pertahanan udara Indonesia. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER