Sabtu, 25 Mei 2024

Respon Surpres, Puan Bakal Umumkan Calon Panglima TNI di DPR

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Beberapa waktu lalu, media massa sempat dihebohkan kabar, Istana telah mengirimkan Surat Presiden (Surpres) ke Ketua DPR Puan Maharani terkait pergantian Panglima TNI. Menanggapi hal itu, ia mengatakan bakal menyampaikan nama calon pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa di DPR.

“Apa yang ada di dalam suratnya, saya selaku Ketua DPR akan menyampaikan kepada media dan masyarakat secara resmi di kantor DPR,” katanya usai menerima brevet dan gelar kehormatan Korps Hiu Kencana di Dermaga 100 Tanjung Priok, Jakarta, Senin (28/11).

Puan mengaku belum menerima surat yang berisikan nama tunggal untuk menduduki jabatan nomor satu di tubuh TNI. “Ya, calon-calonnya ada semua di sini. Surpres belum saya terima karena Ketua DPR-nya masih di sini,” ungkap Puan.

Sebelumnya, pada Desember 2022, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bakal memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus mempersiapkan calon pengganti untuk menghindari kekosongan jabatan orang nomor satu di tubuh TNI tersebut. Tiga kepala staf angkatan memiliki peluang menjabat sebagai Panglima TNI.

Baca: Jelang Ganti Panglima TNI, Yudo Beri Puan Brevet Hiu Kencana

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Komisi I DPR yang mengurus bidang pertahanan, memiliki waktu 20 hari untuk menjalankan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI. Artinya, DPR mesti segera melakukan proses tersebut sebelum memasuki masa reses pada Jumat (16/12) mendatang. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER