Calon Tunggal Panglima TNI, KSAL Segera Ikuti Fit and Proper Test

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, resmi bakal mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon tunggal pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani, saat membacakan isi Surat Presiden (Surpres) mengenai pergantian Panglima TNI. Ia mengatakan, Yudo bisa segera mengikuti mekanisme fit and proper test yang diselenggarakan Komisi I DPR RI bidang pertahanan.

“Masih ada 17 hari sebelum sidang reses pada Kamis (15/11). Jadi, waktunya masih panjang untuk memenuhi mekanisme pengangkatan dan pergantian Panglima TNI,” kata Puan dikutip dari channel YouTube DPR RI, Senin (28/11).

Puan juga menepis rumor adanya pergantian nama calon tunggal Panglima TNI, dikarenakan sempat molor beberapa hari untuk penyerahan Surpres dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke DPR. Ia menuturkan, Surpres baru dikirim sore ini oleh pemerintah melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

“Tidak ada bahwa pengambilan surat kembali atau pergantian dan wacana merubah nama yang sudah ada pada minggu lalu, karena kami baru terima suratnya hari ini,” pungkasnya.

Baca: Respon Surpres, Puan Bakal Umumkan Calon Panglima TNI di DPR

Sebelumnya, Yudo merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII 1988. Ia menjabat sebagai KSAL ke-27 sejak 20 Mei 2020. Yudo juga pernah diercaya sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I pada 2018-2019 dan lanjut menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. (at)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER