Sabtu, 20 April 2024

Putin: Pesawat yang Ditumpangi Prigozhin Meledak Akibat Granat

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa kecelakaan pesawat yang menewaskan kepala tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin disebabkan oleh granat tangan yang meledak di dalam pesawat, bukan serangan rudal.

Dilansir dari Reuters, Jumat (6/10), Putin menduga pesawat itu diledakkan dari dalam, dan menyebut pihak ketua komite investigasi Rusia telah melapor kepadanya beberapa hari yang lalu. Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci.

“Pecahan granat tangan ditemukan di tubuh mereka yang tewas dalam kecelakaan itu. Tidak ada dampak eksternal pada pesawat tersebut,” kata Putin di forum diskusi Valdai.

Baca Juga: Putin: Rusia Berhasil Uji Coba Senjata Nuklir ‘Burevestnik’

Sebelumnya, pesawat pribadi Embraer yang ditumpangi Prigozhin ke St Petersburg jatuh di utara Moskow dan menewaskan 10 orang di dalamnya pada 23 Agustus lalu.

Putin tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana granat meledak atau diledakkan di dalam pesawat Embraer. Namun, menurutnya para penyelidik telah keliru karena tidak melakukan tes alkohol dan obat-obatan terhadap tubuh korban yang tewas dalam kecelakaan tersebut.

“Menurut pendapat saya, pemeriksaan seperti itu seharusnya dilakukan, namun ternyata tidak,” kata Putin.

Baca Juga: AS Tembak Jatuh Drone Turki di Suriah

Lebih lanjut, Putin mengungkapkan bahwa dinas keamanan FSB yang menggeledah kantor Wagner di St Petersburg, menemukan uang tunai 10 miliar rubel dan 5 kg kokain. Sementara, status dan masa depan Wagner masih belum diputuskan karena kelompok itu tidak secara resmi diakui Undang-undang Rusia.

“Kami belum memiliki konsensus di Rusia mengenai apakah kami memerlukan formasi seperti itu atau tidak. Ini adalah proses yang rumit, kami sedang berdiskusi dan memikirkannya. Namun, beberapa ribu pejuang Wagner telah menandatangani kontrak dengan angkatan bersenjata,” ujarnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER