Senin, 27 Mei 2024

Pushidrosal Gandeng BRIN untuk Riset dan Survei di Laut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) bakal melakukan kolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam bidang riset dan survei di laut Indonesia.

Hal tersebut dibahas Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat saat berkunjung ke BRIN dan bertemu oleh Kepala BRIN Laksana Tri Handoko di Jakarta, Senin (9/1).

Nurhidayat menyampaikan, Pushidrosal harus mampu memenuhi tuntutan publik untuk menyiapkan data dan informasi hidro-oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya.

“Oleh sebab itu, Pushidrosal harus berkolaborasi dengan instansi atau lembaga terkait,” ujar Nurhidayat dikutip dari keterangan Pen Pushidrosal, Selasa (10/1).

Selain itu, kolaborasi dengan BRIN juga dikarenakan kedua institusi tersebut memiliki kesamaan dalam tugas di laut, yakni riset dan survei. “Saya berharap, kolaborasi dapat menghasilkan data-data kelautan yang berguna dalam mendukung pembangunan nasional,” kata dia.

Baca: KRI Albakora-867 Temukan Jenazah Baru Speed Boat Terbalik di Papua

Di kesempatan yang sama, Handoko menyambut baik kolaborasi BRIN dengan Pushidrosal. Ia mengatakan, pihaknya akan mendukung Pushidrosal, baik dari sarana maupun peneliti-peneliti yang akan terlibat dalam kegiatan ekspedisi Pushidrosal.

“Termasuk Ekspedisi Jala citra berikutnya yang rencananya akan mengambil lokasi di Laut Flores,” pungkas Handoko. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER