Sabtu, 2 Maret 2024

Puncak KTT ASEAN 2023, Unsur Satgasla Gelar Sailing Pass

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah, memimpin sailing pass dalam kegiatan pengamanan VVIP Satuan Tugas Laut (Satgasla) KTT ASEAN 2023 di Perairan Labuan Bajo, NTT, Kamis (11/5).

Sailing pass ialah tradisi angkatan laut dari seluruh personel KRI TNI AL terhadap para tamu negara dan delegasi negara sahabat yang hadir dalam KTT ASEAN ke-42 itu.

Baca Juga: Masuk Wilayah Perompak Somalia, KRI Bima Suci Lakukan Peran Jaga Perang

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, TNI AL sebagai satuan tugas laut, membagi kekuatannya berdasarkan sektor yang mengelilingi Labuan Bajo.

Selain itu, dilaksanakan pula pola pengamanan berlapis mulai dari pantai hingga menjauhi pantai menuju laut dan bersinggungan dengan pola sektor.

koarmada II
(Foto: Dok. Dispen Koarmada II)

“Salah satu tugasnya, yaitu hailing terhadap kapal-kapal yang melintas dan memastikan setiap sektor aman serta tidak ada ancaman bahaya,” ujar Maman yang juga selaku Dansatgasla.

Baca Juga: Pangkostrad Pastikan Peralatan Prajuritnya yang Akan ke Papua Sudah Canggih dan Mumpuni

Sebelumnya, TNI AL mengerahkan prajurit hingga alat utama sistem persenjataan (alutsista) dalam KTT ASEAN 2023, terdiri dari KRI dr Soeharso-990, KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991, KRI Diponegoro-365, KRI Sultan Nuku-373, KRI Terapang-648, KRI Tongkol-813.

Lalu, juga dikerahkan tim dari satuan pasukan khusus TNI AL Komando Pasukan Katak (Kopaska), penyelam, sea rider, LCVP dan helikopter Panther. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER