Selasa, 28 Mei 2024

PT PAL Produksi Kapal Frigate Merah Putih

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Industri Pertahanan PT PAL Indonesia sukses menggelar ceremony keel laying proyek pembangunan Kapal Frigate Merah Putih ke-1 di Surabaya pada Jumat (25/8). Langkah ini merupakan wujud kemajuan pembangunan kapal perang unggulan oleh bangsa Indonesia.

“Dipercayakannya PAL dalam membangun 2 unit kapal frigate, merupakan komitmen pemerintah melalui Kementerian Pertahanan RI untuk memajukan dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas industri pertahanan dalam negeri,” kata COO PT PAL Indonesia Iqbal Fikri.

Baca Juga: KRI Bima Suci Kunjungi Tanah Kelahirannya di Vigo, Spanyol

Agenda di awali dengan peletakkan kepingan koin yang bertuliskan identitas kapal, di bagian bawah lambung kapal oleh Brigjen TNI Heru Sudarminto selaku representasi dari owner kapal.

PT PAL
(Foto: Dok. PT PAL Indonesia)

Dilanjut dengan penekanan tombol secara bersama-sama oleh COO PAL Iqbal Fikri, Sesbaranahan Brigjen TNI Heru Sudarminto, Dansatgas Frigate Laksma TNI Taat Siswo Sunarto, dan Kepala Proyek Frigate PT PAL Indonesia Bambang Djunaedi.

“(Ini) langkah nyata dalam upaya mewujudkan peningkatan penguasaan teknologi pertahanan, kemandirian industri pertahanan, sehingga dapat meminimalisir ketergantungan impor alutsista,” tambahnya.

Baca Juga: Jelang Super Garuda Shield 2023, Yontankfib 2 Marinir Persiapkan Ranpur

Lebih lanjut, kapal perang ini diharapkan dapat memperkuat TNI AL. Sekaligus menjadikan industri pertahanan nasional selangkah lebih maju menjadi global player yang bergengsi.

Kapal Frigate Merah Putih ke–1 memiliki panjang 140 meter dengan displacement sebesar 5.996 ton. Nantinya akan dilengkapi dengan teknologi pengindraan serta persenjataan yang lebih modern. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER