Kamis, 30 Mei 2024

Program Ketahanan Pangan, TNI AD Garap 1000 Hektare Lahan Tidur

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakil KSAD) Letjen TNI Arif Rahman menegaskan bahwa program ketahanan pangan berupa pemanfaatan 1.000 hektare lahan tidur milik TNI AD, bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat.

Penanaman jagung Agrosolution
(Foto: Dok. Dispenad)

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan penanaman jagung Agrosolution perdana di lahan milik Kostrad, yang terletak di Desa Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga: KSAD Kerahkan 2.010 Prajurit TNI AD Bersihkan Kawasan Gunung Lawu

Program ketahanan pangan dan penghijauan lahan yang dilakukan TNI AD di wilayah Sukabumi ini, juga melibatkan Kementerian Pertanian (Kementan), Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), Pemkab Sukabumi, pihak swasta, serta kelompok tani yang beranggotakan masyarakat di sekitar lokasi lahan. Wakil KSAD juga mengungkap bahwa program ketahanan pangan di Sukabumi ini juga akan diusulkan sebagai Pilot Project di lingkungan TNI AD hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Penanaman jagung Agrosolution
(Foto: Dok. Dispenad)

“Disini ada tanaman jagung, tanaman buah-buahan, juga ada sumber airnya. Ada pula ternak sapi dan ternak ayamnya. Ini nantinya akan saya sampaikan kepada Bapak Kasad untuk (menjadi) Pilot Project di lingkungan Angkatan Darat, dan akan dikembangkan bukan hanya di sini tapi di seluruh Indonesia. Jadi, nanti masing-masing Kodam akan membuat seperti ini,“ terang Wakil KSAD.

Baca Juga: Pimpin Pasukan Khusus, Marsda TNI Yudi Bustami Resmi Jabat Dankopasgat

Ia juga menyampaikan bahwa lahan yang digunakan untuk ketahanan pangan di Desa Ciemas ini, sebelumnya merupakan lahan tidur yang tidak produktif. Namun kemudian dikelola menjadi lahan produktif dengan pendampingan dari Kementan, Kostrad, Pemda, maupun pihak swasta, agar dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER