Rabu, 29 Mei 2024

Praka Jamaluddin, Baru Menikah Seminggu Berangkat ke Papua dan Gugur Ditembak KKB

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kisah sedih datang dari Praka Jamaluddin, seorang prajurit TNI, gugur akibat ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Penembakan tersebut terjadi di Kampung Wako, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Jumat (19/5) siang.

Dalam keterangan resminya dikutip dari Kompas, Senin, (22/5) Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman menuturkan, Praka Jamaluddin (JL) gugur setelah mengalami luka tembak.

“Benar telah terjadi penembakan oleh gerombolan KKB pimpinan Numbuk Telenggen terhadap anggota TNI Praka JL di Distrik Ilaga yang menyebabkan prajurit tersebut meninggal dunia,” katanya.

Baca Juga: Luncurkan Buku Karyanya, KSAD: Saya Inginkan Ajarkan Gaya Kepemimpinan yang Dicintai

Sementara itu menurut kakak korban, Praka Jamaluddin ditugaskan ke Papua sekitar Maret 2022. Kala itu, almarhum baru menjadi pengantin baru. Seminggu sebelum berangkat ke Papua, dia menikah dengan istrinya.

Kakak Praka Jamaludin
Kakak kandung Praka Jamaludin mengenang adik kandungnya sebelum berangkat ditugaskan ke Papua. (Foto: Kompas.com/Dedi Muhsoni)

“Almarhum kembali ditugaskan ke Papua setelah izin cuti menikah dengan putri dari gadis kampung sebelah,” ungkapnya.

Abdul Latif mengungkapkan kepergian adiknya tersebut membuat duka semua keluarga. Lebih-lebih, menurutnya tugas almarhum di Papua sedianya sampai bulan Juli 2023 mendatang dan direncanakan akan pulang ke rumah.

Baca Juga: Dilantik KSAL, Laksdya TNI Edwin Resmi Jabat Pangkolinlamil

“Almarhum berangkat ke Papua bulan Juni 2022 dan tugas di Papua direncanakan akan berakhir Juli mendatang. Tapi, ternyata Tuhan berkehendak lain. Bulan Mei ia sudah pulang lebih awal,” katanya.

Menurutnya, sejak kecil Jamaludin memang sudah bercita-cita menjadi seorang prajurit untuk mengikuti jejak salah satu kakaknya.

“Almarhum Jamaludin saat ini sebagai banggakan keluarga karena dari kecilnya memang sudah punya tekad yang kuat untuk bisa melebihi kakak-kakaknya. Ia lulus pendidikan dan ikut Kopassus. Kemudian bertugas di Papua,” ungkapnya. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER