Selasa, 25 Juni 2024

TNI AU dan RAAF Asah Kemampuan Patroli Maritim dalam Latma Albatross AUSINDO 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Royal Australian Air Force (RAFF) menggelar latihan bersama (Latma) Albatross AUSINDO 2023 di pangkalan militer RAAF Darwin, Australia, pada 20 sampai 24 Mei 2023.

Air Commander Australia, Air Vice Marshal Darren Goldie mengungkapkan, latihan Albatross AUSINDO 2023 bertujuan untuk memperkuat kerja sama angkatan udara dan mengasah kemampuan patroli maritim kedua negara.

Baca Juga: Dilantik KSAL, Laksdya TNI Edwin Resmi Jabat Pangkolinlamil

Lebih lanjut Goldie mengungkapkan, pengawasan maritim ini memiliki kontribusi yang sangat penting bagi keamanan masing-masing negara, sekaligus untuk memastikan kawasan Indo Pasifik tetap stabil serta makmur.

Pesawat Boeing-737
Pesawat Boeing-737 TNI AU. (Foto: Dok. instagram @lanud_el_tari)

“Latihan ini membangun kerja sama dan rasa saling pengertian, baik di tingkat penerbang maupun antara Angkatan Bersenjata Australia dan Tentara Nasional Indonesia,” jelas Goldie dikutip dari laman resmi RAAF.

Dalam latihan tahun ini, alutsista yang dikerahkan di antaranya pesawat P-8A Poseidon milik RAAF dan Boeing-737 dari TNI AU. Latihan yang sama terakhir kali diadakan di Indonesia pada 2021, di tengah pembatasan akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Praka Jamaluddin, Baru Menikah Seminggu Berangkat ke Papua dan Gugur Ditembak KKB

Setahun berselang, tepatnya pada 2022, angkatan udara kedua negara bergabung dengan kapal dari Royal Australian Navy dan TNI AL untuk melakukan kegiatan pencarian maritim di Makassar, Indonesia.

Untuk diketahui, latihan Albatross AUSINDO merupakan salah satu dari tiga latihan kolaboratif yang dilakukan di antara RAAF dan TNI-AU. Jenis latihan lainnya adalah Eagle (pertempuran udara) AUSINDO dan Rajawali AUSINDO (mobilitas udara), di mana tanggung jawab sebagai tuan rumah akan dibagi antara Australia dan Indonesia. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER