Jumat, 14 Juni 2024

Prajurit Yontaifib 1 Marinir Latihan Penjinakan Bom dengan Robot

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Batalyon Intai Amfibi (Taifib) 1 Marinir mengikuti pembelajaran penjinakan bahan peledak bom di Kesatrian Arthur Solangs, Cilandak, Jakarta, Kamis (27/7).

Dikutip dari keterangan Pasmar 1, dalam kegiatan ini diajarkan bagaimana cara penggunaan dan pengoprasian dari beberapa alat penjinak bahan peledak.

Baca Juga: Raider 501/BJ Bersama Prajurit AS Jalan Kaki dan Survival di Pegunungan Australia

Salah satunya adalah dengan menggunakan robot yang didatangkan dari dalam negeri dan luar negeri. Khusus yang didatangkan dari luar negeri, juga disertai pengenalan alat dan pengoperasiannya.

prajurit Yontaifib 1 Marinir
(Foto: Dok. Pasmar 1)

Tak hanya alat, terdapat pula instruktur yang didatangkan langsung dari tempat pembuatan robot dari luar negeri oleh perusahaan yang mendatangkan robot penjinak tersebut.

Kegunaan dan fungsi robot tersebut adalah untuk memindahkan suatu barang yang dicurigai ke tempat yang lebih aman, baik akan dimasukkan ke dalam kendaraan pengangkut bahan peledak untuk dijinakkan maupun dihancurkan.

Baca Juga: Prajurit ‘Rusa Hitam’ Turun Langsung Jadi Tenaga Pendidik di Papua

Terpisah, Dantaifib 1 Marinir Mayor (Mar) Laili Nugroho, menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan prajurit tentang bagaimana melaksanakan kegiatan jihandak, menggunakan media robot sebagai sarananya.

“Dengan demikian prajurit Yontaifib 1 Marinir harus peka dan selalu mengikuti kemajuan tehnologi tanpa meninggalkan kemampuan dasar yang sudah dimiliki,” jelasnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER