Senin, 15 April 2024

Polandia akan Luncuran Satelit Militer Tahun Depan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Polandia berencana meluncurkan serangkaian satelit militer untuk pertama kalinya pada tahun depan. Hal itu dilakukan untuk memperkuat pertahanan di tengah dinamika global yang semakin tidak menentu.

“Tahun depan, Kementerian Pertahanan dan Angkatan Darat Polandia, kami ingin menempatkan satelit pertama kami ke orbit,” kata Wakil Menteri Pertahanan Polandia Cezary Tomczyk melansir Reuters, Sabtu (2/3).

Baca Juga: Putin Peringatkan Konsekuensi Tragis Jika Barat Bantu Ukraina

Ia menjelaskan, rencananya sistem satelit yang dilengkapi dengan radar dan teknologi optik akan menggunakan teknologi asing dan dalam negeri. Tujuan dari dikerahkannya satelit yaitu agar Polandia mampu melakukan pengamatan terhadap titik-titik strategis dengan lebih jelas dalam kondisi apapun.

Senada, Menteri Pertahanan Polandia Wladyslaw Kosiniak-Kamysz mengatakan bahwa pihaknya akan mengembangkan pertahanan khususnya kekuatan luar angkasa. Menurutnya, pembentukan itu dipengaruhi oleh konflik Ukraina dan Rusia sejak 2022.

Baca Juga: Singapura akan Akuisisi Delapan Pesawat Tempur F-35A

“Semua rencana yang kami buat tahun ini, menciptakan pasukan drone, menciptakan pasukan komponen luar angkasa, ini adalah tindakan demi memperkuat tentara Polandia dan juga melihat pengalaman Ukraina,” kata Kosiniak-Kamysz.

Sebelumnya pada Desember 2022, Kementerian Pertahanan Polandia telah menandatangani kesepakatan dengan Airbus (AIR.PA) terkait pembelian dua satelit pengintai, yang awalnya ditargetkan dapat diluncurkan pada tahun 2027. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER