Minggu, 26 Mei 2024

Perkuat Kerja Sama Pertahanan, F-22 AS Mendarat Perdana di Filipina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Amerika Serikat (AS) semakin memperkuat hubungan bilateral khususnya di bidang pertahanan dengan Filipina sejak Ferdinand Marcos Jr. menjadi presiden. Hal ini ditunjukkan dengan dikerahkannya dua jet tempur siluman Angkatan Udara AS (USAF), F-22 Raptor, untuk pertama kali ke Filipina.

Dilansir dari Af.mil, Kamis (23/3), jet tempur yang diterbangkan dari Alaska itu dikirim untuk bergabung dengan Angkatan Udara Filipina (PAF) dalam beberapa skenario latihan seperti manuver pertahanan, pengisian bahan bakar di udara dengan pesawat KC-135 Stratotanker, hingga formasi terbang di ketinggian rendah.

Baca Juga: Bertemu Xi Jinping, Putin Terbuka untuk Perundingan Damai dengan Ukraina

“Ini adalah pertama kalinya F-22, atau pesawat generasi kelima mana pun, mendarat dan beroperasi di Filipina,” ujar Kapten Karl Schroeder, salah satu pilot Raptor.

Sementara itu, PAF mengerahkan jet FA-50PH Fighting Eagle yang diawaki oleh dua penerbang wanita. Latihan yang digelar selama dua hari itu merupakan wujud dari perjanjian Enhanced Defense Cooperation Agreement (EDCA), yang mendasari kerja sama pertahanan antara AS dan Filipina.

“Tonggak sejarah dengan sekutu regional ini membantu memberikan stabilitas dan keamanan di Indo-Pasifik.”

Baca Juga: Rusia akan Modernisasi Sistem Pertahanan Udara di Sekitar Moskow

Stabilitas regional telah menjadi fokus utama dari kedua negara ditengah tantangan keamanan yang meningkat di kawasan khususnya dari Beijing. Melalui EDCA, pasukan AS memiliki akses ke sejumlah markas militer Filipina, salah satunya Pangkalan Udara Basa di Pulau Luzon. Fasilitas militer yang dekat dengan Pulau Taiwan itu akan direnovasi melalui dana bantuan AS senilai $25 juta. Nantinya, markas tersebut akan digunakan sebagai pusat gugus tugas gabungan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER