Senin, 15 April 2024

Rusia akan Modernisasi Sistem Pertahanan Udara di Sekitar Moskow

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengumumkan rencana untuk memaksimalkan sistem pertahanan udara di sekitar Ibu Kota Moskow. Langkah tersebut dilakukan setelah rentetan drone atau pesawat nirawak melesat jauh dan menghantam wilayah yang hanya berjarak 100 km dari pusat pemerintahan Rusia pada Februari lalu.

“Tahun ini kami akan memaksimalkan modernisasi sistem pertahanan anti rudal di Kota Moskow,” ujarnya melansir Newsweek, Kamis (23/3).

Keputusan untuk memperkuat pertahanan itu merupakan langkah lanjutan dari instruksi Putin setelah drone jatuh di dekat pangkalan gas alam di Kota Kolomna, sekitar 100 km arah tenggara Moskow bulan lalu. Serangan drone itu disebut sebagai operasi spionase dan sabotase yang berkembang terhadap Rusia oleh Ukraina dan sekutu Barat.

Lebih lanjut, Shoigu menjelaskan bahwa modernisasi pertahanan udara ini termasuk membentuk brigade yang khusus dilatih dan dipersenjatai dengan generasi baru S-350. Sistem rudal buatan industri pertahanan Moskow itu diklaim memiliki kemampuan menyerang target yang lebih akurat dan memiliki biaya produksi yang lebih murah dibanding sistem Patriot Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Bertemu Xi Jinping, Putin Terbuka untuk Perundingan Damai dengan Ukraina

“Pengembangan sistem pertahanan udara merupakan salah satu prioritas militer Rusia. Brigade divisi pertahanan udara akan dibentuk, akan dilatih serta dilengkapi dengan sistem rudal S-350 generasi baru,” ujarnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER