Senin, 15 April 2024

Peran Prajurit Marinir dalam Sistem Komunikasi Operasi Amfibi

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Dalam rangka kegiatan Komunikasi Taktis Batalyon Tim Pendarat (BTP), Pasmar 2 menggelar sistem komunikasi dalam operasi amfibi di Pasir Panjang, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (14/4).

Dikutip dari keterangan Dispen Kormar, kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah pengawak komunikasi dari prajurit Intai Amfibi (Taifib), Infanteri, Kavaleri, Artileri maupun Bantuan Tempur (Banpur).

Baca Juga: TNI AL Bagikan Paket Sembako kepada 75 Ribu Prajurit

Pasmar 2 menggelar sistem komunikasi dalam mendukung komando pengendalian (kodal) satuan atas dengan satuan terdepan dalam operasi amfibi yang dimulai dari simulasi komunikasi lintas laut, pendaratan khusus, gerakan kapal sampai perebutan tumpuan pantai.

Dalam kesempatan tersebut, Danmenbanpur 2 Mar Kolonel (Mar) Firman Gunawan, menyampaikan kegiatan yang dimulai sejak dini hari ini sebagai simulasi pendaratan amfibi yang membutuhkan kemampuan dan skill yang ekstra.

“Dihadapkan dengan kondisi cuaca yang menguras stamina, tentunya prajurit komunikasi harus memiliki daya juang yang tinggi, semangat pantang menyerah dalam menjaga fungsi komunikasi,” ujar Firman.

Baca Juga: Antisipasi Penyelundupan, KSAL Gencarkan Patroli Maritim Jelang Lebaran 2023

Sementara itu, Danyonkomlek 2 Mar Letkol (Mar) Mohammad Wawan Abidin, menyampaikan bukan hal yang mudah untuk menggelar berbagai jaring komunikasi dan berbagai peralatan komunikasi dalam operasi amfibi.

“Terlebih dengan tuntutan kecepatan, ketepatan dan keamanan yang tinggi,” kata Wawan. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER