Jumat, 19 April 2024

Antisipasi Penyelundupan, KSAL Gencarkan Patroli Maritim Jelang Lebaran 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, menegaskan pihaknya tak mengurangi unsur-unsur kegiatan patroli jelang musim lebaran untuk mengantisipasi maraknya praktik penyelundupan di sejumlah perairan.

“Mereka tetap siaga sebagaimana biasanya di beberapa tempat. Kita siagakan mereka di darat maupun di laut,” tegas Ali kepada para awak media di Mabesal, Cilangkap, Jakarta, Jumat (14/4).

Baca Juga: Sebanyak 80 Pati TNI Naik Pangkat, Ini Daftar Lengkapnya

Ia melanjutkan, TNI AL juga akan mengerahkan pesawat patroli maritim untuk mengantisipasi kegiatan ilegal tersebut. Patroli ini, kata Ali, menjadi bagian operasi Trisila, selain bertujuan menjaga batas-batas perairan Indonesia dengan negara luar.

“Kapal-kapal patroli dan pesawat patroli maritim kita libatkan untuk surveillance dalam menghadapi situasi perairan di wilayah perbatasan, khususnya yang sering terjadi penyelundupan,” kata Ali.

Baca Juga: TNI AL Bagikan Paket Sembako kepada 75 Ribu Prajurit

Pada pekan lalu, Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda Surabaya menggagalkan upaya penyelundupan hewan endemik langka yang dilindungi, yakni kura-kura bercangkang lunak spesies labi-labi moncong babi.

Total sekitar 5.632 ekor labi-labi moncong babi dimasukkan ke dalam delapan koper yang akan dibawa tiga terduga pelaku dengan tujuan Surabaya-Singapura-Vietnam. Adapun, kisaran harga labi-labi tersebut Rp150.000 perekor dan ditaksir negara mengalami kerugian sebesar Rp844.800.000. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER