Kamis, 22 Februari 2024

Panglima Agus Subiyanto Rotasi dan Mutasi 49 Pati TNI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto merotasi sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI. Mutasi dan promosi jabatan terhadap 49 perwira tinggi (pati) itu termuat dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang ditandatangani pada Rabu (29/11).

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Julius Widjojono menyampaikan langkah tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan tugas pokok TNI melalui tiga matra, yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Baca Juga: Karir Militer Pangkostrad Baru Mayjen TNI Saleh Mustafa

“Telah ditetapkan rotasi dan promosi jabatan 49 Pati TNI terdiri dari 40 Pati TNI AD, 4 Pati TNI AL dan 5 Pati TNI AU,” ujar Julius dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (30/11).

Dalam surat keputusan itu, beberapa posisi yang dibongkar pasang adalah Panglima Komando Strategis Cadangan TNI Angkatan Darat (Pangkostrad). Jabatan itu kini diisi oleh Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa usai Jenderal Maruli Simanjuntak dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Baca Juga: 36 Negara Hadiri International Gathering Military Attaché Corps di Cisarua

Selain itu, ada Brigjen TNI Achiruddin menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Jabatannya sebelumnya, yakni Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Wadanjenkopassus) diserahkan kepada Brigjen TNI Yudha Airlangga yang sebelumnya menjabat Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Danpusdiklatpassus).

Selanjutnya, mutasi jabatan juga dialami sejumlah Pati TNI AL, di antaranya Laksda TNI Yayan Sofiyan dari Pangkoarmada II menjadi Asops Kasal dan Mayjen TNI (Mar) Edi Juardi dari Staf Khusus KSAL menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun. Sementara dari TNI AU, beberapa nama yang bergeser antara lain Marsma TNI I Gede Widarma Suyasa dari Kapusada TNI menjadi Staf Khusus KSAU dan Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko dari Dankopasgat menjadi Staf Khusus KSAU. (un)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER