Sabtu, 15 Juni 2024

Norwegia dan Denmark Sepakat Pasok 9.000 Amunisi ke Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Norwegia dan Denmark telah sepakat untuk menyumbangkan sekitar 9.000 peluru artileri tambahan ke Ukraina. Keputusan itu disebut sebagai wujud komitmen sekutu dalam membantu Ukraina memukul mundur pasukan Rusia.

Dilansir dari Government.no, laman resmi pemerintah Norwegia pada Kamis (15/6), Kementerian Pertahanan Norwegia memutuskan untuk menyumbangkan 7.000 amunisi dari stok yang dimiliki. Sementara, Denmark akan mengirim 2.000 amunisi dalam dua tahapan.

Baca Juga: Bendungan Tenaga Listrik Ukraina Hancur, Siapa Pihak yang Paling Diuntungkan?

“Ukraina sangat membutuhkan amunisi artileri. Oleh karena itu kami telah memutuskan untuk bergabung dengan Denmark dan memberikan bantuan baru, sehingga Ukraina menerima amunisi secepat mungkin,” kata Menteri Pertahanan Norwegia Bjorn Arild Gram.

Ribuan amunisi itu disebut terdiri dari beberapa jenis, termasuk peluru untuk Howitzer M109 yang sebelumnya telah disumbangkan oleh Norwegia beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Tentara Israel Melancarkan Serangan Rudal ke Suriah

Dalam pernyataan terpisah, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy berterima kasih kepada dua negara anggota NATO tersebut atas bantuan mereka untuk melawan invasi Rusia.

“Pasokan peluru artileri tambahan sangat dibutuhkan oleh Ukraina di medan perang. Bersama-sama kita mendekatkan kemenangan bagi kita semua,” tulisnya di Twitter. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER