Jumat, 19 April 2024

Mengintip Kemampuan Selam Tempur Satkopaska Koarmada III

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada III (Satkopaska Koarmada III) menggelar latihan selam tempur di perairan pulau Jeffman, Sorong, Papua Barat Daya, Senin (20/3).

Prajurit mengikuti latihan selam tempur dengan beberapa materi latihan, salah satunya penyelaman menggunakan alat selam close circuit yang biasanya digunakan untuk mendukung infiltrasi bawah permukaan laut tanpa bisa dideteksi dari permukaan.

Baca Juga: KSAD Tutup Kejuaraan Tenis Meja Total Hadiah 220 Juta

Selain itu, dalam latihan ini juga dilaksanakan renang kompas bawah air (combat swimmer), yakni teknik yang dimiliki Kopaska TNI AL pada saat akan infiltrasi pasukan khusus mendekati sasaran tanpa diketahui musuh.

Koarmada III
(Foto: Dok. Dispen Koarmada III)

Menurut Komandan Satkopaska Koarmada III Kolonel Laut (P) M Machri Mokoagow selaku Perwira Pelaksana Latihan, bagi prajurit Satkopaska latihan adalah kebutuhan utama.

“Prajurit Kopaska harus mampu mengumpulkan informasi penting tentang sasaran dan informasi tambahan untuk mendukung operasi unsur-usur armada,” ujarnya dikutip dari keterangan Dispen Koarmada III, Rabu (22/3).

Baca Juga: Kostrad Kirim Prajurit Ikuti Latma Cobra Gold 23 di Thailand

Terpisah, Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M Han, menyampaikan agar prajurit melaksanakan latihan secara serius sehingga hasilnya maksimal dan dapat digunakan sebagai bekal dalam menghadapi setiap ancaman.

“Semoga latihan dapat berjalan denga naman, tertib dan lancar serta yang paling penting adalah utamakan keselamatan selama kegiatan,” kata dia. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER