Rabu, 28 Februari 2024

Mengenal BTR-152 6×6 Vietnam, Ranpur Tua yang Dimodifikasi

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Saat diterjunkan ke Sudan dalam misi United Nations Mission in the Sudan (UNMIS), Kontingen Pasukan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dari Vietnam tampil unik dengan mengerahkan ranpur BTR-152 yang telah dimodifikasi. Persisnya Pasukan PBB asal Vietnam mengerahkan BTR-152 versi APC (armoured personnel carrier) dan BTR-152 versi ambulans.

Jika ditelisik dari sejarahnya ranpur ini termasuk ranpur yang sangat tua dengan roda ban BTR-152 6×6. Di Indonesia sendiri ranpur ini digunakan di tahun 1960/70, namun sekarang tinggal bagian dari sejarah dan beberapa kini menjadi koleksi museum.

Baca Juga: Mengenal Hiller 360, Helikopter Kepresidenan Indonesia yang Pertama

Sementara itu di Vietnam BTR-152 versi APC dipersiapkan untuk mengangkut pasukan. Di ranpur ini juga dilengkapi kubah untuk pengoperasian senapan mesin secara manual. Sementara BTR-152 versi ambulans dipersiapkan dengan perlengkapan medis dan dapat dimuati tandu untuk evakusi korban (medevac). Dibekali perangkat komunikasi, BTR-152 Vietnam juga dilengkapi dengan air conditioner untuk kenyamanan awak dan pasukan.

Vietnam
(Foto: Istimewa)

Kementerian Pertahanan Vietnam telah menugaskan Departemen Teknis Umum untuk membangun kembali (rebuild) BTR-152 6×6 APC menjadi medevac beroda. Kompartemen pasukan kendaraan telah dibangun ulang dengan dilengkapi lima kursi anti-ledakan, rak untuk dua pasang tandu, dan liner anti-panas.

Ambulans berbasis BTR-152 telah menerima unit pendingin udara yang ditingkatkan, defibrillator, sistem pemantauan kesehatan, dan peralatan medis lainnya. Pengemudi BTR-152 juga telah dibekali perangkat thermal imager yang memudahkan berkendara di medan berpasir.

Baca Juga: Mengenang Kejayaan Tank M3A3 Stuart

Awak dan orang-orang yang menderita dilindungi oleh pelindung balistik organik dan jendela antipeluru. Output daya mesin kendaraan telah ditingkatkan menjadi 130 hp. Menurut militer Vietnam, proses pembangunan kembali memakan waktu tidak lebih dari 30 hari.

Nah, untuk urusan dapur pacu, BTR-152 telah dimodernisasi dengan pemasangan mesin diesel Hyundai D4DB dan setir dari perusahaan Korea Selatan yang sama. Aslinya, BTR-152 menggunakan mesin bensin yang boros, ZIS-123 enam silinder dengan pendingin air. (Dari berbagai sumber/rr)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER