Minggu, 26 Mei 2024

Lanudal Juanda Gagalkan Penyelundupan 212.566 Benih Lobster Tujuan Malaysia-Singapura

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda, Surabaya, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih bening lobster yang rencananya akan dikirim ke Kuala Lumpur dan Singapura.

Pengungkapan ini berawal dari kecurigaan petugas Avsec Angkasa Pura I pengawas X-Ray yang mendeteksi adanya lima koper yang isinya mencurigakan.

Baca Juga: Tanggapi Rentetan Penyerangan di Papua, KSAD: Kami Akan Evaluasi Sistem Pembinaan Latihan Prajurit

Petugas pun segera melapor kepada Satgaspam Bandara Juanda dan pihak maskapai.

Lanudal Juanda
(Foto: Dok. Dispenal)

Setelah memeriksa isi koper secara fisik, ditemukan puluhan kantong plastik berisi Benih Bening Lobster (BBL) yang total berjumlah 212.566 ekor. Nilainya ditaksir mencapai Rp8,8 miliar.

“Pemilik koper tersebut adalah penumpang inisial AIW, Warga Negara Indonesia, yang saat ini telah diamankan berikut barang bukti lima buah koper, satu buah paspor, uang sebesar Rp 1.650.000, satu unit ponsel, dan tiket rute Juanda-Kuala Lumpur,” tulis keterangan Dispenal yang diterima redaksi, Senin (17/4).

Baca Juga: Danlantamal IV Batam Lepas Lima KRI Lanjutkan Tugas Operasi Trisila

Temuan itu pun dilaporkan Satgaspam Bandara Juanda ke Denpom Lanudal Juanda, sembari melimpahkan barang bukti berikut terduga pelaku kepada Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Ikan Perikanan (BKIPM) Surabaya 1, untuk proses dan pengembangan lebih lanjut. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER