Senin, 27 Mei 2024

KSAL Resmikan Pembagunan Satdik 4 Manado

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, meresmikan sarana dan prasarana Satuan Pendidikan (Satdik) 4 Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (12/12).

Satdik 4 Kodiklatal merupakan salah satu sarana pendidikan jajaran TNI AL yang berada di bawah Kodiklatal, guna membentuk prajurit TNI AL pada level Bintara dan Tamtama.

Dengan diresmikannya fasilitas ini, TNI AL resmi memiliki empat satdik di luar Pulau Jawa, yaitu Satdik 1 Kodiklatal di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau, Satdik 2 Kodiklatal di Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: TNI AD Terima 50 Unit Randis Operasional

Kemudian, Satdik 3 Kodiklatal di Sorong Papua Barat Daya, dan Satdik 4 Kodiklatal di Likupang, Manado, Sulawesi Utara.

KSAL Laksamana Muhammad Ali
(Foto: Dok. Dispenal)

“Jeberhasilan proses pendidikan ditentukan dari kualitas pendidikan dan didukung sarana dan prasarana yang memadai srhingga proses pendidikan prajurit dapat terlaksana dengan baik,” ujar Ali, dikutip dari keterangan Dispenal, Rabu (13/12).

“Harapannya melalui satuan pendidikan akan ini akan mencetak lulusan prajurit yang memiliki kemampuan andal untuk mengawaki organisasi maupun mengoperasikan alutsista secara profesional,” tambahnya.

Baca Juga: Upaya Cegah Banjir, KSAD Pimpin Pembersihan Sungai Krukut

Sarana Pendidikan Prajurit TNI AL di wilayah Sulawesi Utara ini, dibangun di atas lahan seluas 160.940 meter persegi di Desa Pinenek, Likupang Timur, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Pembangunan Satdik ini dimulai pada pertengahan 2022 hingga akhir 2023.

Satdik tersebut dilengkapi berbagai sarana, seperti Markas Komando, barak Bintara, Tamtama, dan Kowal. Lalu, kelas Bintara, Tamtama, dapur, mess bingsis atau pelatih, gudang senjata dan amunisi, lapangan samapta.

Lalu, sarana dan prasarana lingkungan, instalasi listrik dan air, kelengkapan furniture, kelas untuk belajar, pos jaga hingga kendaraan operasional guna menunjang proses pendidikan bagi prajurit. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER