Rabu, 22 Mei 2024

KRI Spica-934 Temukan 30 Fitur Bawah Laut di Flores

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Spica-934 berhasil mengidentifikasi lebih dari 30 fitur bawah laut, baik gunung laut maupun kategori lainnya selama Ekspedisi Jala Citra 3-2023 di Laut Flores, Nusa Temggara Timur (NTT).

Dikutip dari keterangan Dispenal, Senin (29/5), Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL Laksamana Madya TNI Nurhidayat, menyambut kedatangan KRI Spica-934 yang telah menuntaskan ekspedisi selama 60 hari, Jakarta, Sabtu (27/5).

Baca Juga: Kontingen Garuda AD Juara Umum Pencak Silat Terbuka Piala KSAD 1

Nantinya, penemuan fitur bawah laut diteliti lebih lanjut oleh tim Pushidrosal dan diberikan nama sesuai ketentuan nasional dan internasional. Selanjutnya, hasil identifikasi dan usulan penamaan diajukan kepada lembaga Sub Commitee on Undersea Feature Names (SCUFN).

Nurhidayat
Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL Laksamana Madya TNI Nurhidayat, menyambut kembalinya KRI Spica-934 di Jakarta. (Foto: Dok. Dispenal)

Sebelumnya, ekspedisi dibagi dalam lima etape, yaitu etape pertama dan ketiga yang fokus pada penelitian oseanografi. Sementara itu, etape kedua dan keempt difokuskan di bidang hidrografi, meteorologi, geologi dan geofisika serta pertahanan dan keamanan.

Baca Juga: Kisah Serma Riadi, Babinsa yang Ditangisi Anak-anak Saat Pindah Tugas

KRI Spica-934
Tim Ekspedisi Jala Citra 3-2023. (Foto: Dok. Dispenal)

Selanjutnya, etape kelima di Pulau Satonda meliputi bidang hidrografi, oseanografi, meteorologi, geologi, geofiska dan geososial.

KRI Spica-934 yang mengikuti ekspedisi ini ialah salah satu unsur satuan kapal bantu Hidro-Oseanografi, jenis Multi Purpose Research Vessel (MPRV), dikomandani Letkol Laut (P) Deirus Rizki Khair yang sekaligus sebagai Komandan Satuan Tugas Ekspedisi Jala Citra 3-2023. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER