Sabtu, 25 Mei 2024

KRI Diponegoro-365 Adu Manuver dengan Kapal Perang Asing di Laut Mediterania

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Diponegoro-365 bersama dua kapal perang negara lain melaksanakan latihan manuver tingkat lanjut (advance maneuvering exercise) di Area of Maritime Operation (AMO) Perairan Mediterania, Lebanon, Minggu (28/1).

Dikutip dari keterangan Dispenal, Selasa (30/1), korvet kelas sigma milik TNI AL itu bersama kapal perang Bangladesh BNS Sangram-F113 dan fregat milik Turki TCG Yildrim F-243 membentuk beberapa formasi untuk menghadapi berbagai simulasi ancaman.

KRI Diponegoro
(Foto: Dok. Dispenal)

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Pentingnya STEAM dalam Pembelajaran di Militer

Selain itu, ketiga kapal perang tersebut juga membentuk pertahanan dari kontak permukaan dan udara yang teridentifikasi sebagai musuh dalam peperangan laut.

Komandan KRI Diponegoro-365 Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, menjelaskan latihan ini bertujuan memperkuat interoperabiliti antar kapal-kapal yang tergabung dalam Maritime Task Force (MTF) 448 UNIFIL.

KRI Diponegoro
(Foto: Dok. Dispenal)

Baca Juga: Aksi Penerbang Tempur Lanud Iswahjudi dalam Latihan Survival di Telaga Sarangan

Kemudian, juga secara internal intuk melatih para prajurit, khususnya tim anjungan dan tim Pusat Informasi Tempur (PIT).

“Terutama dalam anuver kapal dengan membentuk formasi serta menghitung halu, waktu, kecepatan dan ketepatan dalam menempati posisi yang di tentukan,” tambah Wirastyo yang sekaligus sebagai Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII/O UNIFIL ini. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER