Sabtu, 15 Juni 2024

Korut Luncurkan Rudal Balistik Jarak Jauh ke Laut Timur

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Utara (Korut) menembakkan sebuah rudal balistik jarak jauh ke arah Laut Timur Rabu (12/7). Peluncuran tersebut dilakukan di tengah agenda pertemuan antara Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol. 

Dilansir The Japan Times, Rabu (12/7), Kementerian Pertahanan (Kemhan) Jepang mengatakan rudal itu ditembakkan dari daratan Korut sekitar pukul 09:59 pagi waktu setempat. Rudal pun terbang sekitar 1.000 kilometer selama 74 menit sebelum jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang sekitar 250 km sebelah barat Pulau Okushiri Hokkaido.

Kemhan Jepang menambahkan, durasi penerbangan rudal selama 74 menit tersebut merupakan yang terlama bagi rudal Korut. Rudal pun diperkirakan telah ditembakan dalam “lofted trajectory” atau lintasan yang mampu mencapai ketinggian maksimum sekitar 6.000 km.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno mengutuk peluncuran rudal Korut tersebut. Menurutnya, angkatan bersenjata akan menembak jatuh setiap rudal yang mengancam keamanan teritorial Jepang. 

Baca Juga: NATO: Ukraina Belum Memenuhi Syarat untuk Menjadi Anggota

“Korut telah secara konsisten menunjukkan bahwa mereka terus memperkuat kemampuan nuklir dan misilnya. Kami percaya bahwa mereka dapat terus meluncurkan berbagai jenis misil, melakukan uji coba nuklir, dan terlibat dalam provokasi lain di masa mendatang,” kata Matsuno.

Peluncuran rudal Korut itu dilakukan beberapa saat sebelum pertemuan antara Kishida dan Yoon di sela-sela pertemuan puncak para pemimpin NATO di ibu kota Lithuania, Vilnius. Sehingga, muncul dugaan bahwa langkah itu dilakukan Korut sebagai pesan konfrontatif terhadap Jepang dan Korsel. 

Sebelumnya, peluncuran rudal balistik jarak jauh serupa dilakukan Korut pada pertengahan April lalu. Rudal Hwasongpho-18 juga jatuh di Laut Timur dan sempat memicu peringatan evakuasi bagi penduduk Hokkaido, Jepang. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER