Kamis, 30 Mei 2024

Korut Klaim Berhasil Uji Mesin Bahan Bakar Padat untuk Rudal Balistik

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Utara (Korut) mengklaim telah berhasil melakukan uji statis terhadap mesin berbahan bakar padat baru untuk rudal balistik jarak menengah (IRBM). Hal itu disebut sebagai pencapaian dalam upaya meningkatkan kemampuan ofensif di tengah dinamika keamanan regional.

“Tes baru-baru ini bertujuan untuk mengevaluasi spesifikasi teknis mesin bahan bakar padat berkekuatan tinggi yang baru dikembangkan untuk rudal balistik jarak menengah,” kata Biro Rudal Korut, melansir KCNA, Kamis (16/11).

Baca Juga: Rusia Akan Kirim Rudal Anti-Pesawat Igla ke India

Rudal berbahan bakar padat ini dinilai lebih mudah dan aman untuk dioperasikan serta memberikan daya dorong yang jauh lebih kuat. Namun, tidak dijelaskan kapan Korut akan menyelesaikan uji coba dan meluncurkan rudal balistik lainnya.

“Pengujian ini merupakan proses untuk meningkatkan kemampuan ofensif strategis angkatan bersenjata Korut dalam menghadapi lingkungan keamanan yang tidak stabil,” ujarnya.

Uji coba ini merupakan langkah lanjutan dalam pengembangan senjata di tengah meningkatnya hubungan bilateral dengan Rusia sekaligus kecaman dari berbagai pihak seperti Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Truk Pengangkut Bahan Bakar Mulai Menyeberang ke Gaza dari Mesir

Sementara, sekutu Barat itu menunjukkan postur kekuatan dengan mengerahkan pesawat pembom B-52 berkemampuan nuklir, pesawat tempur F-35 dan F-16 untuk latihan gabungan di atas laut barat Korsel. Tujuannya untuk menunjukkan kemampuan sekutu dalam menanggapi secara instan, tegas dan tegas terhadap setiap provokasi Korut.

Korut telah melakukan serangkaian uji coba senjata dalam beberapa tahun terakhir, termasuk rudal balistik antarbenua berbahan bakar padat (ICBM) pertama dan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM). Hal ini sejalan dengan perintah Presiden Kim Jong Un untuk memodernisasi militer meskipun dilarang melakukan uji coba rudal balistik berdasarkan sanksi PBB. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER