Selasa, 25 Juni 2024

Kapal Perang OPV Italia ITS Francesco Morosini Singgah Lima Hari di Jakarta

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kapal perang Angkatan Laut Italia ITS Francesco Morosini (P431) dijadwalkan singgah di Jakarta selama lima hari, sejak kedatangannya di dermaga JICT II, Tanjung Priok, Selasa (18/7) lalu.

Dikutip dari keterangan Dispen Lantamal III, Kamis (20/7), kapal perang jenis offshore patrol vessel (kapal patroli lepas pantai) ini direncanakan melaksanakan beberapa kegiatan yang telah dikoordinasikan oleh TNI AL dengan Atase Pertahanan Italia.

Sejumlah kegiatan tersebut di antaranya courtesy call, special open ships di ITS Francesco Morosini (P431), reception on board, passing exercise, dan olahraga bersama.

Baca Juga: Digelar Akhir Juli, Panglima Yudo Bakal Pimpin Latgab TNI 2023

Sebelumnya, Aslog Danlantamal III Kolonel Laut (T) Yusa Adi Hartanto menyampaikan terima kasih dan sambutan hangat kepada Komandan ITS Francesco Morosini (P431) Commander Giovanni Monno, yang meluangkan waktu dalam perjalanan panjang untuk datang ke Jakarta.

Angkatan Laut Italia ITS Francesco Morosini
(Foto: Dok. Dispen Lantamal III)

“Kunjungan persahabatan ini sangat penting untuk meningkatkan persaudaraan angkatan laut kedua negara dan semangat navy brotherhood,” jelasnya.

“Dan juga dapat meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Italia dalam berbagai bidang kerja sama,” sambungnya.

Baca Juga: Persiapan Latgab TNI 2023, Marinir Uji Rantis Amfibi Legendaris Kapa K61

Keunggulan ITS Francesco Morosini

Kapal sepanjang 143 meter dengan kapasitas kecepata yang dapat melesat sampai 32 knot atau setara 59,26 km per jam ini, dirancang untuk melakukan berbagai tugas militer, seperti patroli, pengiriman logistik, kapal perang permukaan, dan aktivitas kemanusiaan.

ITS Francesco Morosini (P431) juga dilengkapi dengan hanggar yang bisa menyimpan helikopter medium-lift yang dapat digunakan untuk peperangan antikapal selam. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER