Selasa, 21 Mei 2024

Jelang Arus Mudik, Panglima TNI Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Pelabuhan di Banten

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menjelang arus mudik Lebaran 2023, pemerintah terus memastikan kesiapan transportasi hingga terminal yang akan diakses pemudik, baik yang menempuh jalur darat, udara dan laut.

Mengutip keterangan Pusat Penerangan TNI, Rabu (12/4) Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mendampingi Presiden RI Joko Widodo memantau sejumlah fasilitas di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Baca Juga: Prajurit Yonif 2 Marinir Laksanakan Operasi Trisila

Dirjen Hubungan Darat, Irjen Pol Hendro Sugianto mengungkap akan ada tiga pelabuhan yang beroperasi menunjang tradisi tahunan tersebut. Ketiga pelabuhan itu adalah Merak – Bakauheni, Ciwandan – Bakauheni dan Panjang, serta Bandar Bukau Jaya – Muara Pilu. Lebih dari 80 kapal akan dikerahkan untuk perjalanan para pemudik.

“Merak – Bakauheni yang akan mengoperasikan 65 Kapal, Ciwandan – Bakauheni dan Panjang sebanyak 14 Kapal, serta Bandar Bukau Jaya – Muara Pilu mengoperasikan 5 kapal,” ungkap Hendro.

Baca Juga: KSAD Ziarah ke TMP Kesenden dan Tinjau Pembangunan Masjid Syarif Abdurachman

Selain itu, Hendro juga memperkirakan jumlah angkutan barang akan melonjak dibanding tahun sebelumnya. Ia menyebut, kapasitas pelabuhan juga telah disesuaikan untuk memenuhi kebetuhan tersebut.

“Kendaraan kecil yang diangkut naik 34 persen dari semula 29.507 unit menjadi 39.610 unit. Sedangkan kapasitas pelabuhan telah dinaikan 123% dari 4.526 kendaraan kecil menjadi 10.088 unit,” ungkap Hendro. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER