Selasa, 28 Mei 2024

Hadiri ADMM Plus, Menhan Prabowo: ASEAN Sukses Jaga Stabilitas Keamanan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menghadiri ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) Retreat dan ADMM-Plus yang digelar di Sokha Siem Reap Resort and Convention Center, Kamboja pada 22 sampai 23 November 2022.

Pada pertemuan tersebut, Menhan Prabowo mengatakan bahwa dalam lebih dari lima dekade keberadaannya, ASEAN bisa dibilang sukses. Sebelum terbentuknya ASEAN, Menhan Prabowo melanjutkan, banyak terjadi konflik di negara-negara ASEAN.

Menhan Prabowo Hadiri ADMM Plus
(IDM/Tim Media Prabowo Subianto)

“Ada perbedaan ideologis yang besar di dunia. Namun, para pemimpin ASEAN menyadari bahwa kita memiliki takdir yang sama, kita memiliki kewajiban yang sama untuk rakyat kita yang beragam. Kita perlu mencapai kehidupan yang lebih baik bagi rakyat kita. Kita membutuhkan kemakmuran dan untuk kemakmuran kita membutuhkan perdamaian,” terang Menhan Prabowo.

Oleh karena itu, menurutnya para pemimpin di ASEAN sejak lima dekade lalu memilih untuk bernegosiasi, bertemu, berdiskusi, mencari konsensus, dan mencoba untuk selalu berkompromi.

“Ini (hal-hal yang telah dilakukan) sudah berhasil. Kita sekarang berada di zona damai dalam perjuangan dunia. ASEAN telah berhasil dalam pertumbuhan ekonomi kita melalui perdamaian dan konsensus antara negara. Kita telah mencapai pertumbuhan ekonomi yang sangat luar biasa,” jelas Menhan Prabowo.

Baca: Setelah Bertemu Menhan China, Menhan Prabowo Kini Bertemu Menhan Amerika

ADMM Plus merupakan forum pertemuan Menteri Pertahanan negara – negara ASEAN ditambah Menteri Pertahanan dari delapan negara mitra wicara yakni Amerika Serikat, Australia, China, India, Jepang, Korea, Rusia dan Selandia Baru.

Dalam forum ini, para menteri pertahanan membahas dan mengadopsi langkah-langkah dan mekanisme dalam meningkatkan kerjasama pertahanan dan keamanan. (nhn/yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER