Sabtu, 25 Mei 2024

Gunakan Drone, Siswa Dikspespa Teknik Kodiklatal Berlatih Pemetaan Udara

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Siswa Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) Teknik Fasilitas Pangkalan (Faslan) dan Konstruksi Bangunan TNI AL 2023, melaksanakan latihan praktik topografi dan ukur tanah di Surabaya, Senin (7/8).

Dikutip dari keterangan Pen Kodiklatal, Selasa (8/8), dalam latihan praktik dengan materi pemetaan udara (aerial mapping) ini, para siswa menggunakan pesawat nirawak atau drone.

Baca Juga: TNI AU dan RAAF Akan Gelar Latihan Pengisian Bahan Bakar di Udara

Kodiklatal mendatangkan langsung Instruktur dari Dinas Fasilitas Pangkalan TNI AL (Disfaslanal) Mabesal, yakni Mayor Laut (KH) Aprilian Ismana, yang kesehariannya menjabat sebagai Kasubsi Datafasrumdiksos.

Aprilian memberikan materi tentang foto udara, perbedaan pengukuran konvensional dengan drone UAV.

drone
(Foto: Dok. Pen Kodiklatal)

Kemudian, perbandingan peta citra foto udara dengan foto citra satelit, alur foto udara, tampilan foto udara, keunggulan peta citra foto udara, output peta citra foto udara dan tipe data yang bisa didapat dengan drone

Sementara itu, Komandan Sekolah Perwira Pusdiktek Letkol Laut (T) Dedi Junaedi, bersama Paopsjar Pusdiktek Mayor Laut (T) Irwantono nampak ikut menyaksikan langsung proses latihan praktik tersebut.

Baca Juga: KSAU Terima Laporan Kenaikan Pangkat 15 Pati TNI AU, Salah Satunya Dansesko TNI

Menurut Dedi, tujuan latihan praktik ini adalah mendidik dan membekali para siswa dengan ilmu tentang topografi dan ukur tanah, agar kelak memiliki keterampilan tentang survei dan pemetaan serta cara mendapatkan data ukur di lapangan.

“Sehingga dapat diaplikasikan dalam kedinasan TNI AL sebagai Kepala Urusan Fasilitas Pangkalan di pendirat,” kata Dedi. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER