Kamis, 30 Mei 2024

Enam Perwira TNI AL Siap Menjadi Ahli Perperangan Ranjau

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 6 perwira siswa berhasil memiliki kemampuan peperangan ranjau pascamengikuti kursus di Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AL (Kodiklatal).

Setelah keenam prajurit berhasil menuntaskan kursus Perwira Peperangan Laut 2023 selama 3,5 bulan, pendidikan tersebut resmi ditutup oleh Komandan Pusdiklapa Kodiklatal Kolonel Laut (P) Akhmad Alif Saifuddin Z di Surabaya, Selasa (14/11).

“Penutupan kursus ini menjadi awal perjalanan dalam meraih prestasi profesi kedinasan dan pengabdian para perwira kepada TNI AL, bangsa, dan negara,” ujarnya dikutip dari keterangan Pen Kodiklatal, Kamis (16/11).

Baca Juga: Pesan KSAD untuk Para Petembak AARM di Kopassus

Lebih lanjut, Akhmad menjelaskan penutupan kursus ini merupakan langkah awal para perwira menuju medan pengabdian yang sebenarnya, yakni bertugas di sejumlah kapal pemburu dan penyapu ranjau TNI AL.

“Sebagai seorang perwira peperangan ranjau perlu memiliki modal awal, yakni kompetensi, integritas, karakter pribadi unggul dan tangguh yang sangat diperlukan dalam menjawab dan menghadapi tantangan serta tugas yang semakin berat,” tegasnya.

Menurutnya, era digitalisasi telah membawa prajurit semakin kritis dan terbuka. Sebagai konsekuensi dari bangsa yang majemuk, ia menilai berbagai permasalahan di bidang pertahanan dan keamanan semakin dinamis dan kompleks.

Baca Juga: Daftar 13 Kapal Perang dalam Glagaspur Tingkat III Satkor dan Satfib Koarmada II

“Oleh karena itu, seorang perwira harus mampu membawa perubahan di lingkungan tugas masing-masing srta mampu segera menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang dinamis,” kata Akhmad.

Akhmad pun berharap berbagai materi pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti kursus mampu dijadikan bekal juga dapat diaplikasikan secara optimal di tempat penugasan.

“Sehingga para perwira akan mampu menyelesaikan tugas dan kepercayaan yang telah diberikan. Walaupun tidak menjadi yang terbaik, tetapi selesaikan dengan akhir yang baik dan membanggakan,” tandasnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER