Jumat, 19 April 2024

Daftar 13 Kapal Perang dalam Glagaspur Tingkat III Satkor dan Satfib Koarmada II

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Koarmada II mengerahkan 13 kapal perangnya untuk latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) tingkat III (L-3) Satuan Kapal Eksorta (Satkor) dan Satuan Kapal Amfibi (Satfib) 2023, Surabaya, Selasa (14/11).

Dalam apel gelar pasukan yang dipimpin Pangkoarmada II Laksamana Muda Yayan Sofiyan, 13 kapal perang yang dikerahkan terdiri dari jenis perusak kawal rudal, Sigma, Van Speijk, Landing Ship Tank, kapal buru ranjau, dan Landing Platform Dock.

Dari sejumlah jenis kapal perang tersebut, 13 KRI yang terlibat adalah KRI RE Martadinata-331, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Diponegoro-365, KRI Ahmad Yani-351, KRI Yos Sudarso-353, KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Sultan Iskandar Muda-367.

Baca Juga: Prabowo Serukan Bantu Palestina di Forum Menteri Pertahanan Negara ASEAN

Lalu, KRI Makassar-590, KRI Teluk Banten-516, KRI Pulau Fanildo-732, KRI Teluk Cendrawasih-533, KRI Kerambit-627, dan KRI Terapang-648.

Ransus
Ransus milik Kopaska, helikopter hingga kapal perang TNI AL di Glagaspur tingkat III Satkor dan Satfib Koarmada II. (Foto: Dok. Dispen Koarmada II)

Di samping belasan kapal perang, alutsista seperti pesawat TNI AL CN-235, helikopter Bell dan Panther juga diterjunkan serta sejumlah kendaraan pendarat amfibi (ranratfib) milik Koprs Marinir, yaitu tank BMP 3F, LVT-7, dan BTR-50.

Sebanyak 1.739 prajurit terdiri dari 1.517 anak buah kapal (ABK) KRI, 20 orang staf latihan, 10 orang Komando Pasukan Katak (Kopaska), 10 orang Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair), 20 orang Divisi Pantai, 100 orang Marinir, dan 30 orang staf pendukung.

Baca Juga: Pertemuan Menhan se-ASEAN dan AS, Prabowo Dorong Komitmen terhadap Perdamaian

Pada tahap manuver lapangan, unsur Satkor melaksanakan kompetisi artileri (Gunnex) pada 16 November di Pulau Gundul. Sedangkan pada 17 November 2023, pasukan pendarat yang terdiri dari Batalyon Marinir melaksanakan pendaratan mfibi di Pantai Banongan, Jawa Timur.

Di sela-sela inspeksi kesiapan alutsista dan prajurit yang terlibat, Yayan menyampaikan kompleksitas kegiatan ini juga untuk melatih bagaimana tingkat kemampuan dan skill prajurit dalam menghadapi berbagai ancaman peperangan laut.

“Agar kita mengetahui sampai sejauh mana tingkat kemampuan prajurit dalam melaksanakan berbagai macam aksi macam peperangan,” ujar Yayan, dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, Kamis (16/11).

Baca Juga: Pesan KSAD untuk Para Petembak AARM di Kopassus

Selain itu, latihan L-3 ini juga dapat meningkatkan kemampuan taktis di bidang peperangan elektronika, anti-kapal permukaan, anti-kapal selam, peperangan pertahanan udara, dan operasi pendaratan amfibi.

“Meningkatkan kerja sama taktis antar-unsur dalam melaksanakan operasi tempur laut dan meningkatkan kemampuan unsur dalam taktik pertempuran,” terangnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER